Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 4, No 2 (2018)

HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU PENJAS TERHADAP HASIL BELAJAR PENJAS PADA SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN TALAGA KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2018.

Riza Sukma Fauzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2018

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah hasil belajar siswa masih rendah, guru sering kali datang terlambat. guru kurang tegas, guru tidak memilki tanggung jawab yang tinggi dan guru tidak mau berkomunikasi dengan yang lain. Rumusan masalah penelitian yang akan peneliti lakukan adalah untuk menjawab permasalahan yaitu (1) Apakah ada hubungan  kompetensi kepribadian guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V (2) Apakah ada hubungan  kompetensi sosial guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V (3) Apakah ada hubungan  kompetensi kepribadian dan sosial guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan kompetensi kepribadian guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V. (2) kompetensi sosial guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V dan (3) Untuk mengetahui hubungan kompetensi kepribadian dan sosial guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V. Hipotesis penelitian ini ada 3 yaitu (1) Terdapat hubungan yang signifikan kompetensi kepribadian guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V.(2) Terdapat hubungan yang signifikan kompetensi sosial guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V dan (3) Terdapat hubungan  kompetensi kepribadian dan sosial guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian kali ini  adalah metode penelitian deskriptif. Untuk membantu pengolahan data dalam penelitian ini digunakan program komputer SPSS versi 16.   Dari hasil perhitungan statistik maka disimpulkan: Kompetensi kepribadian berkontribusi positif terhadap prestasi belajar. Hasil tersebut diperkuat dari hasil pengujian dimana nilai korelasi antara nilai Kompetensi Kepribadian   dan nilai prestasi belajar  adalah = 0,972. Kompetensi sosial berkontribusi positif terhadap prestasi belajar. Hasil tersebut diperkuat dari hasil pengujian dimana nilai korelasi antara nilai Kompetensi sosial   dan nilai prestasi belajar  adalah = 0, 968. Ada hubungan kompetensi kepribadian  dan sosial  terhadap prestasi belajar. Hal ini didasarkan dari nilai t hitung= 321,975  lebih besar dari t table  = 3,252. Kata kunci : kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, hasil belajar penjas

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...