Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah hasil belajar siswa masih rendah, guru sering kali datang terlambat. guru kurang tegas, guru tidak memilki tanggung jawab yang tinggi dan guru tidak mau berkomunikasi dengan yang lain. Rumusan masalah penelitian yang akan peneliti lakukan adalah untuk menjawab permasalahan yaitu (1) Apakah ada hubungan kompetensi kepribadian guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V (2) Apakah ada hubungan kompetensi sosial guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V (3) Apakah ada hubungan kompetensi kepribadian dan sosial guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan kompetensi kepribadian guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V. (2) kompetensi sosial guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V dan (3) Untuk mengetahui hubungan kompetensi kepribadian dan sosial guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V. Hipotesis penelitian ini ada 3 yaitu (1) Terdapat hubungan yang signifikan kompetensi kepribadian guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V.(2) Terdapat hubungan yang signifikan kompetensi sosial guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V dan (3) Terdapat hubungan kompetensi kepribadian dan sosial guru penjas terhadap hasil belajar penjas pada siswa kelas V. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah metode penelitian deskriptif. Untuk membantu pengolahan data dalam penelitian ini digunakan program komputer SPSS versi 16. Dari hasil perhitungan statistik maka disimpulkan: Kompetensi kepribadian berkontribusi positif terhadap prestasi belajar. Hasil tersebut diperkuat dari hasil pengujian dimana nilai korelasi antara nilai Kompetensi Kepribadian dan nilai prestasi belajar adalah = 0,972. Kompetensi sosial berkontribusi positif terhadap prestasi belajar. Hasil tersebut diperkuat dari hasil pengujian dimana nilai korelasi antara nilai Kompetensi sosial dan nilai prestasi belajar adalah = 0, 968. Ada hubungan kompetensi kepribadian dan sosial terhadap prestasi belajar. Hal ini didasarkan dari nilai t hitung= 321,975 lebih besar dari t table = 3,252. Kata kunci : kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, hasil belajar penjas
Copyrights © 2018