Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 1, No 2 (2015)

PENGGUNAAN MODEL SOSIODRAMA DALAM KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Riana Esa Merera (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2015

Abstract

Berbicara adalah bentuk komunikasi verbal yang dilakukan oleh manusia dalam rangka pengungkapan gagasan dan ide yang telah disusunnya dalam pikiran. model sosiodrama adalah model pembelajaran bermain peran untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial, permasalahan yang menyangkut hubungan antara manusia seperti masalah kenakalan remaja, narkoba, gambaran keluarga yang otoriter, dan lain sebagainya. permasalahan bahwasannya keterampilan berbicara belum sepenuhnya siswa itu mampu dalam keterampilan berbicara. permasalahan bahwasannya keterampilan berbicara belum sepenuhnya siswa itu mampu dalam keterampilan berbicara, karena terdapat faktor  penyebab permasalahan tersebut yaitu dari guru dan dari siswa, faktor permasalahan dari guru yaitu hanya menggunakan model konvensional dan ceramah, sehingga minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara kurang maksimal dan siswa kurang menguasai dalam keterampilan berbicara,  dan siswa kurang menguasai dalam keterampilan berbicara, permasalahan yang terdapat pada siswa diantaranya masih malu untuk mengemukakan pendapat, malu bertanya serta kurang percaya diri. Dapat dibuktkan bahwasanya model sosiodrama itu mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa sehingga siswa tidak malu dan ragu untuk mengungkapkan pendapatnya sendiri baik didepan kelas.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...