Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 4, No 1 (2018)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU DENGAN MENGGUNAKAN PELURU MODIFIKASI PADA SISWA KELAS X SMKN 1 KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA

Yayan Saeful Azhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2018

Abstract

Latar belakang dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah terbatasnya jumlah prasarana belajar tolak peluru di SMKN 1 Kertajati yang berakibat pada jumlah waktu aktif belajar siswa tidak maksimal sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Populasi adalah siswa kelas X TPU C SMKN 1 Kertajati dengan jumlah sampel 38 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja tolak peluru dan observasi.  Hasil Penelitian terbukti signifikan (1) penggunaan peluru modifikasi secara efektif telah mengalami peningkatan hasil belajar tolak peluru. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan perolehan ketuntasan belajar secara individu 80,53 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 92,11 % dan (2) Jumlah waktu aktif belajar siswa selama pembelajaran meningkat dari tindakan I hingga tindakan II, dimana rata-rata waktu aktif belajar siswa sebesar 81,67 %, peningkatan waktu aktif belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 63,34 %.Kata Kunci : Peluru Modifikasi, Hasil Belajar, Tolak Peluru.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...