Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)

FENOMENA STRUKTUR DAN LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI GORONTALO

Fitri Hadi Yulia Akib (UNG)
Mahludin H. Baruwadi (UNG)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengkaji perkembangan sector-sektor ekonomi penyusun PDRB kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo; 2) menganalisis struktur dan laju pertumbuhan sector-sektor ekonomi di kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo; dan 3) mengkaji fenomena teori perubahan structural pada ekonomi wilayah kabupaten dan kota Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan data sekunder dalam bentuk time series. Survei dilakukan pada pemerintah dan kabupaten kota di Provinsi Gorontalo dengan sampling ada Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Pohuwato dan Kota Gorontalo. Metode analisis data menggunakan analisis ekonomi wilayah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Secara kumulatif sector-sektor ekonomi penyusun kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, hal ini sebagai indikasi perekonomian di wilayah ini mengalami pertumbuhan.; (2) Berdasarkan struktur dan laju pertumbuhan ekonomi sector pertanian, kehutanan dan perikanan memberikan kontribusi yang dominan di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Pohuwato, sedangkan di Kota Gorontalo sector ini bukan merupakan sector yang dominan. (3) Fenomena teori perubahan structural dalam pembangunan ekonomi terjadi pada kabupaten dan kota Provinsi Gorontalo, dimana sektor primer kontribusinya semakin menurun dengan majunya pembangunan di wilayah tersebut.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...