Pembelajaran dalam pendidikan karakter didefinisikan sebagai pembelajaran yang mengarah pada penguatan dan pengembangan perilaku anak secara utuh yang didasarkan/dirujuk pada suatu nilai. Kegiatan penguatan dan pengembangan karakter melalui proses pembelajaran termuat dalam desain pembelajaran. Artinya proses pendidikan karakter adalah proses yang terjadi karena di desain secara sadar dalam pelaksanaan pembelajaran bukan secara kebetulan. Pengalaman belajar anak dalam seting pendidikan karakter dilakukan dalam tiga tempat, yaitu kelas, sekolah, dan rumah. Hal ini mengimplikasikan bahwa guru harus merancang dalam silabus dan RPP nya mengenai pengalaman apa yang harus dilalui oleh anak dalam upaya penguatan suatu nilai di sekolah dan dirumah. Desain pembelajaran yang dikembangkan oleh guru kemudian menjadi layanan KBM bagi peserta didik. Layanan KBM dalam pendidikan karakter harus memenuhi tiga kunci yaitu: (1). Dasar pendidikan adalah kasih sayang, (2). Syarat teknis adalah saling percaya, (3) Syarat mutlak adalah kewajiban.
Copyrights © 2017