Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa materi bilangan bulat pada penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching di SD”. Adapun tujuan dalam penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa materi bilangan bulat pada penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching di SD. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pre experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 21 Dungingi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana pada teknik ini seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian hasil belajar. Variabel X1 pretest dan variabel X2 posttest. Penelitian ini menggunakan istrumen tes berupa tes obyektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa materi bilangan bulat sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching dikelas V SDN 21 Dungingi Kota Gorontalo.
Copyrights © 2018