Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 4 No 1 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Februari)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS V SDN 21 DUNGINGI KOTA

Ismail Pioke (Dosen Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2018

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa materi bilangan bulat pada penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching di SD”. Adapun tujuan dalam penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa materi bilangan bulat pada penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching di SD. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pre experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 21 Dungingi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana pada teknik ini seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian hasil belajar. Variabel X1 pretest dan variabel X2 posttest. Penelitian ini menggunakan istrumen tes berupa tes obyektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa materi bilangan bulat sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching dikelas V SDN 21 Dungingi Kota Gorontalo.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...