AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 01 (2012)

Analisis Kendala Siswa Autis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita (Kasus Low Function)

Kamid, Kamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2013

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang diberikan pada semua jenjang pendidikan, baik sekolah umum maupun khusus. Pada sekolah umum keberagaman peserta didik sangat tinggi, baik kemampuan maupun karakteristiknya. Keberagaman itu juga termasuk gangguan yang disandang dalam diri peserta didik. Anak autis adalah salah satu peserta didik yang mempunyai gangguan emosi dan perilaku dan kebanyakan dari mereka mengikuti pendidikan di sekolah reguler. Penelitian ini dilakukan pada siswa autis. Subjek penelitian adalah anak autis kelas V Sekolah Dasar yang mengalami kecenderungan hambatan hampir pada semua indicator DSM-IV(kasus low function).. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek sangat sulit mengkomunikasikan hasil pembelajarannya kepada orang lain dan seakan-akan hanya mengungkapkan segala yang pernah ia terima tanpa bisa mengubah atau menyusun sendiri kalimatnya. Ia cenderung hanya mampu menjawab pertanyaan yang hanya memuat satu jawaban. Jika dihadapkan pada soal cerita secara low function maka ia akan membuat soal sejenis yang pernah ia terima sebelumnya.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...