EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Vol 3, No 3 (2016): JURNAL EDUKA

IMPLEMENTASI METODE SMALL GROUP DISCUSIOM DAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Komparasi di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat Tahun Pelajaran 2016)

Elfachmi, Amin Kuneifi (Unknown)
Yuniarso, Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2017

Abstract

Tujuan utama dalam penelitihan ini adalah untuk membuktikan apakah Metode Small Group Discustion dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Pendidikan Kewarganegaraan dibandingkan dengan metode Ceramah. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 8 Ciputat. Indikator adalah skor yang diperoleh peserta didik melelui tes pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan tes hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.Dari hasil penelitihan ini diperoleh,  peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Small Group Disccustion dengan rata-rata skor seluruhnya 83,48 dengan standar deviasi 9,18 dan peserta didik yang mendapatan pembelajaran dengan metode Ceramah dengan rata-rata skor 74,75 dan standar deviasi 10,34.Dari hasil perhitungan uji hipotesis didapat harga thitung = 14,13 dan ttabel= 1,676 berarti thitung >ttabel maka hipotesis ditolak. Dengan perkataan lain yang menunjukan bahwa metode Small Group Discussion dapat meningkatakn hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan  peserta didik  dibandingkan dengan metode Ceramah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dibandingkan dengan metode Ceramah di kelas XI SMA Muhammadiyah 8 Ciputat, Tangerang Selatan.Kata Kunci     :  Metode Small Group Discusstion, Metode Ceramah, Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Eduka

Publisher

Subject

Description

Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business. ...