EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Vol 3, No 3 (2016): JURNAL EDUKA

IMPLEMENTASI METODE SMALL GROUP DISCUSIOM DAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Komparasi di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat Tahun Pelajaran 2016)

Elfachmi, Amin Kuneifi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2017

Abstract

Tujuan utama dalam penelitihan ini adalah untuk membuktikan apakahMetode Small Group Discustion dapat meningkatkan hasil belajar peserta didikPendidikan Kewarganegaraan dibandingkan dengan metode Ceramah. Sampeldalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 8Ciputat. Indikator adalah skor yang diperoleh peserta didik melelui tes pelajaranPendidikan Kewarganegaraan. Alat pengumpulan data penelitian menggunakantes hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.Dari hasil penelitihan ini diperoleh,  peserta didik yang mendapatkanpembelajaran dengan metode Small Group Disccustion dengan rata-rata skorseluruhnya 83,48 dengan standar deviasi 9,18 dan peserta didik yang mendapatanpembelajaran dengan metode Ceramah dengan rata-rata skor 74,75 dan standardeviasi 10,34.Dari hasil perhitungan uji hipotesis didapat harga thitung= 14,13 dan ttabel=1,676 berarti thitung >ttabelmaka hipotesis ditolak. Dengan perkataan lain yangmenunjukan bahwa metode Small Group Discussion dapat meningkatakn hasilbelajar Pendidikan Kewarganegaraan  peserta didik  dibandingkan dengan metodeCeramah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Small GroupDiscussion dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraandibandingkan dengan metode Ceramah di kelas XI SMA Muhammadiyah 8Ciputat, Tangerang Selatan. Kata Kunci     :Metode Small Group Discusstion, Metode Ceramah, HasilBelajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Eduka

Publisher

Subject

Description

Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business. ...