JIPIS
Vol 28 No 2: Juli - Desember 2019

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PREVIEW, QUESTION, READ, STATE, DAN TEST (PQRST)

Nana Suyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca melalui metode PQRST . Metode PQRST merupakan metode pembelajaran yang mempunyai beberapa tahap. Pembelajaran membaca sangat penting bagi pengembangan pembelajaran bahasa. Siswa masi minim dalam minat membaca, dan kurangnya variasi dari metode pembelajaran membaca di kelas. Metode yang digunakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu (1) lembar observasi untuk menilai keaktifan siswa, (2) angket untuk mengetahui minat siswa (3) tes tulis untuk mengetahui hasil belajar,khususnya membaca pemahaman. Analisa data menggunakan prosentase untuk menggambarkan keaktifan siswa, minat, dan prosentase ketuntasan klasikal dalam satu kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode PQRST dapat meningkatkan kemampuan membaca. Metode ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran yang dominan belajarnya yaitu harus membaca, seperti pelajaran Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Dengan penerapan metode PQRST dapat meningkatkan keaktifan siswa baik secara individu maupun kelompok, sehingga pemahaman siswa terhadap bacaan mengalami peningkatan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

JIPIS diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang dengan P-ISSN 0216-2830 dan E-ISSN 2686-0147. JIPIS terbit dua kali setiap tahun, yaitu edisi Januari-Juni dan Juli-Desember. JIPIS menerima artikel berbahasa Indonesia atau Inggris yang berupa ...