PASCAL (Journal of Physics and Science Learning)
Vol 2, No 2 (2018)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA SMP BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Lulu’Atul Farida (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro No. 1, Bandar Lampung, Lampung)
Undang Rosidin (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro No. 1, Bandar Lampung, Lampung)
Kartini Herlina (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro No. 1, Bandar Lampung, Lampung)
Neni Hasnunidah (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro No. 1, Bandar Lampung, Lampung)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model ADI terhadap kemampuan argumentasi siswa berdasarkan perbedaan gender. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan menggunakan desain Pretest Posttest Non Equivalen Control Group Design. Data diambil dengan pretes dan postes essai keterampilan argumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; penerapan model pembelajaran ADI berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi siswa, terlihat pada nilai sig. 0,02 pada siswa perempuan dan 0,01 pada siswa berjenis kelamin laki-laki: terdapat perbedaan keterampilan argumentasi antara siswa perempuan dengan siswa laki-laki, terlihat pada perolehan nilai sig. dan  nilai N-Gain. Siswa perempuan memeperoleh N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan siswa laki-laki memperoleh N-Gain 0,63 pada kategori sedang setelah diterapkan model ADI, sehingga dapat disimpulkan siswa perempuan memiliki keterampilan argumentasi lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PASCAL

Publisher

Subject

Physics Social Sciences Other

Description

Journal of Physics and Science Learning (PASCAL) merupakan Jurnal yang diterbitkan secara berkala pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini memuat hasil pemikiran, ide, gagasan dari penelitian,pengembangan kajian pustaka dan ...