Jurnal Penelitian Enjiniring Fakultas Teknik Unhas
Vol 22 No 1 (2018)

Analisis Perbandingan Biaya Pengangkutan Peti Kemas Menggunakan Moda Truk, Kereta Api dan Kapal Provinsi Sulawesi Selatan

Rifkah Fitriah (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin)
Misliah Idrus (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin)
Andi Sitti Chaerunnisa (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis asal dan tujuan peti kemas di Sulawesi Selatan, membandingkan biaya yang digunakan untuk distribusi peti kemas menggunakan moda truk, kereta api dan kapal dan menganalisis jarak peralihan moda untuk truk, kereta api dan kapal di Sulawesi Selatan.Lokasi penelitian terletak di Provinsi Sulawesi Selatan dengan pengumpulan data primer melalui instansi terkait yaitu Dinas Perhubungan Makassar dan Perusahaan Pelayaran serta data sekunder dari studi pustaka terkait. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan biaya tetap dan biaya variabel masing-masing moda hingga mengeluarkan grafik peralihan moda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peralihan moda terjadi pada jarak 50 km, pendistribusian peti kemas menggunakan truk dapat beralih menggunakan moda kereta api. Pada jarak 150 km, pendistribusian peti kemas jalur darat menggunakan moda truk dapat beralih ke jalur laut menggunakan kapal. Sedangkan pada jarak 250 km, pendistribusian peti kemas jalur darat menggunakan moda kereta api dapat beralih ke moda kapal.Kata Kunci: Biaya pengangkutan, peralihan moda, pendistribusian peti kemas AbstractCost Comparison Analysis of Container Transport Using Truck, Rail And Sea Transport Modes in South Sulawesi. This study aims to analyze the origin and destination of containers in South Sulawesi, comparing the costs used for the distribution of containers using truck, rail and ship modes and analyzing the distance of moda transition for trucks, trains and ship in South Sulawesi. The research location is located in South Sulawesi Province with primary data collection through related institution,Makassar Transportation Department and Shipping Company and secondary data from related literature study. The method used in this study is the calculation of fixed costs and variable costs of each mode to issue a transition graph of modes. The results show that the mode transition occurs at a distance of 50 km, the distribution of containers using trucks can switch using rail mode. At a distance of 150 km, the distribution of overland containers using truck mode can switch to sea routes by ship. While at a distance of 250 km, the distribution of container land routes using rail mode can switch to the mode of the ship.Keywords: Freight cost, moda transition, distribution of containers

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Penelitian Enjiniring (JPE) merupakan media publikasi ilmiah untuk hasil-hasil inovasi terkini dalam bidang kajian dan rekayasa ilmu pengetahuan dan teknologi keteknikan. JPE diterbitkan dalam dua bahasa dunia (bi-lingual), yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Berbagai bidang ilmu yang ...