Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Vol 15, No 3 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya

Faktor-Faktor yang Membedakan Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Dalam Kota (Studi Kasus Angkutan Umum Konvensional dan Berbasis Online)

Aslamia Rosa (Universitas Sriwijaya)
Ahmad Widad (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2018

Abstract

Tujuan – Penelitian ini dilatarbelakangi dengan munculnya fenomena dalam masyarakat Kota Palembang yang disuguhi pelayanan transportasi umum berbasis online. Seiring dengan makin mudahnya mengakses internet dan mudahnya untuk mendapatkan telepon pintar maka pelayanan transportasi umum online menjadi pilihan terbaik bagi sebagian masyarakatDesign/methodology/approach – Studi ini menggunakan beberapa masyarakat Kota Palembang masing-masing menggunakan angkutan umum online dan angkutan umum konvensional sebagai sampelTemuan – Fakor keamanan menjadi pertimbangan pada masing masing jenis angkutan umum tersebut diangggap kurang penting, ini mengindikasikan bahwa baik penumpang angkutan umum konvensional berupa Bus Rapid Transit Transmusi dan berbasis online menganggap aman untuk dinaiki.Research limitations/implications – Keterbatasan dari penelitian ini adalah hanya fokus pada satu jenis angkutan umum dan perilaku konsumennya.Originality/value – Analisis diskriminan digunakan untuk mengetahui faktor pembeda pertimbangan masyarakat dalam menggunakan angkutan umum online atau konvensional

Copyrights © 2017