Al-'Adalah
Vol 13, No 2 (2016): Al-'Adalah

Kursus Pra-Nikah: Konsep dan Implementasinya (Studi Komparatif Antara BP4 KUA Kecamatan Pontianak Timur dengan GKKB Jemaat Pontianak).

Muhammad Lutfi Hakim (Program Studi Ahwal al-Syakhsiyyah STIS Syarif Abdurrahman Pontianak)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2017

Abstract

Abstract: Pre-Marriage Training: The Concept and Its Implementation (Comparative Study between BP4 KUA and GKKB Congregation in the Eastern District of Pontianak). This study compared the practices of pre-married Training conducted in KUA and in the GKKB Congregation in the Eastern District of Pontianak. This study is a field research using descriptive-comparative analysis. The goal is to see the similarities and the differences between the two practices that can be utilized for further study. The study finds out that the pre-marital courses, either that was conducted at KUA—known as Suscatin—or that was carried out in the GKKB Church—termed as Pre-Marriage Consultation—are not different in principle. The difference is only on technical matters. The two institutions, in fact, have similar goal of encouraging, preparing, dan guiding the prospective husband and wife to be able to establish harmonious household.Abstrak: Kursus Pra-Nikah: Konsep dan Implementasinya (Studi Komparatif Antara BP4 KUA Kecamatan Pontianak Timur dengan GKKB Jemaat Pontianak). Penelitian ini membandingkan praktik pemberian bimbingan bagi pasangan yang akan menikah yang dilaksanakan di KUA dengan yang dilaksanakan di lingkungan gereja. Studi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan analisis deskriptif-komparatif. Tujuannya adalah untuk melihat perbedaan dan persamaan di antara kedua lembaga tersebut yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk kajian lebih lanjut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum antara Kursus pra-nikah di KUA Kecamatan Pontianak Timur—yang dikenal dengan istilah Suscatin, dengan yang dilaksanakan di GKKB Jemaat Pontianak—dikenal dengan istilah Konseling Pra-Nikah—tidak memiliki perbedaan yang prinsip. Perbedaannya yang ada hanya pada hal-hal yang bersifat teknis. Keduanya memiliki tujuan yang sama yakni memberi arahan, gambaran persiapan, bimbingan, dan konseling kepada calon pasangan suami-istri untuk dapat membina rumah tangga yang sakînah, mawaddah, dan rahmah.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

adalah

Publisher

Subject

Religion Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

AL-ADALAH Jurnal Hukum Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Januari dan Juli) oleh Fakultas Syariah IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal AL-ADALAH menekankan spesifikasi dalam studi-studi hukum Islam mengkomikasikan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan studi hukum ...