Harmonia: Journal of Research and Education
Vol 7, No 2 (2006)

Musik Kontemporer sebagai Media Pembelajaran Musik (Contemporer Music as Medium of Music Learning)

Retnowati, Tjut Etty (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2011

Abstract

Musik kontemporer merupakan salah satu wujud sikap kreatif komponisdalam perluasan gramatika musik dari masa ke masa. Komponis masa kinidituntut untuk memiliki gaya sendiri yang khas Di dalam musikkontemporer terkandung makna-makna pendidikan yang ditransfer menjadinilai-nilai pengajaran kreatif. Hakekat pengembangan gaya-gaya baru olehseorang komponis dalam mencipta dapat ditafsirkan sebagai sebuahkegiatan trial and error bagi para siswa. Fenomena inilah dapat menjadidasar dalam proses pembelajaran musik untuk pendidikan siswa.Pembelajaran musik melalui media musik kontemporer dapat memacukreativitas siswa. Apabila proses kreatif ini bisa ditanamkan dandikembangkan kepada para siswa niscaya dapat menumbuhkan sikappercaya diri dan kemandirian pada diri siswa.Kata kunci: Musik Kontemporer, Kebebasan Individual

Copyrights © 2006






Journal Info

Abbrev

harmonia

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Harmonia: Journal of Arts Research and Education is published by Departement of Drama, Dance, and Music, Faculty of Language and Arts, Universitas Negeri Semarang in cooperation with Asosiasi Profesi Pendidik Sendratasik Indonesia (AP2SENI)/The Association of Profession for Indonesian Sendratasik ...