SOSEKHUM
Vol 5, No 7 (2009)

STUDI KEBIJAKAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI PROPINSI JAWA TENGAH

Amir, Yayat Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2012

Abstract

Pemberdayaan pendidikan dalam bingkai kebijakan otonomi daerah bertumpu pada asumsi perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan dan pendidikan sebagai investasi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satu konsekuensinya adalah perlunya bantuan pemerintah untuk mengembangkan dan meningkatkan pendidikan. Untuk itu, Pemerintah Propinsi Jawa Tengah telah mengalokasikan dana yang cukup besar dan meningkat setiap tahun. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pelaksanaan, permasalahan lapangan dan efektifitas program bantuan tersebut. Penjelasan teoritik yang dituangkan adalah isu pembiayaan pendidikan, dan peran pemerintah. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif ? analitik. Sumber data terdiri dari 77 sampel penerima bantuan ditambah unsur-unsur perwakilan stake holder pendidikan di daerah penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa bantuan pengambangan dan peningkatan pendidikan memiliki kontribusi penting bagi para penerimanya. Meskipun demikian masih terdapat permasalahan adminsitratif di dalam pelaksanaannya. Implikasinya adalah perlunya penyempurnaan produk kebijakan, koordinasi dalam pemantauan pelaksanaan kegiatan, dan kepatuhan dalam mempertanggungjawabkannya. Kata kunci : Bantuan, Peningkatan pendidikan, efektifitas

Copyrights © 2009