Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Karya Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SMA

Rahmawati, Noviana Dini (Unknown)
Buchori, Achmad (Unknown)
Endahwuri, Dhian (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata hasil belajar antara mahasiswa yang dikenai model pembelajaran RME berbantuan multimedia interaktif dan model konvensional pada mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 4 Pendidikan Matematika UPGRIS. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data ini dengan menggunakan metode wawancara, metode tes, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran RME berbantuan Lectora dan pembelajaran RME berbantuan Prezi dengan nilai . (b) Terdapat perbedaan antara hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran RME berbantuan Lectora dengan pembelajaran konvensional dengan nilai . Apabila dilihat dari selisih reratanya diperoleh 8,182, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran RME berbantuan Lectora lebih baik daripada pembelajaran konvensional. (c) Tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran RME berbantuan Prezi dengan pembelajaran konvensional dengan nilai.Kata Kunci: RME, Multimedia Interaktif, Lectora, Prezi

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPMat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in ...