Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika
Vol 1, No 2 (2014): Vol 1: Oktober 2014

Fungsi Representasi dalam Mengakses Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa

Murtono Murtono (Pendidikan Fisika UIN Sunana Kalijaga Yogyakarta)
Agus Setiawan (Pascasarjana UPI Bandung)
Dadi Rusdiana (Pascasarjana UPI Bandung)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2014

Abstract

Fisika merupakan ilmu fenomena alam yang disajikan dalam bentuk gambaar, persamaan matematis, mempunyai hubungan antar variabel fisis. Untuk mengakses perlu karakteristik yang sesuai dengan ilmu fisika tersebut. Salah satu cara mengakses yang sesuai adalah dengan bentuk representasi. Repersentasi mempunyai fungsi sebagai pelengkap, membatasi interpretasi, dan membangun pemahaman. Telah dilakukan pengukuran terhadap penguasaan konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika dengan soal multi representasi. Hasil menunjukkan bahwa jawaban yang benar bervariasi sesuai dengan konsep yang diukur dan mode representasi yang digunakan. Multirepresentasi dapat menjadi pelengkap representasi yang lain, membatasi interpretasi representasi yang lain, dan membangun pemahaman mahasiswa dalam menyelesaian permasalahan fisika, sesuai dengan fungsi representasi.

Copyrights © 2014