Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
Vol 10, No 2 (2016): July 2016

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MOODLEBERPENDEKATAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJARSISWA

Muazizah, Noor Malikhah (Unknown)
Nurhayati, Sri (Unknown)
Cahyono, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2017

Abstract

Moodle adalah salah satu software open sourcee-learning yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan e-learning berbasis Moodle dengan pendekatan Guided Inquiry terhadap hasil belajar siswa materi hidrokarbon kelas XI.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di suatu SMAN di Purwodadi Kelas XI MIPA semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest-only control design.Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 83,33 dan 78,47. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata satu pihak yang menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada tkritis.Artinya rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.Hasil analisis kualitatif afektif dan psikomotorik kelas eksperimen tiap aspeknya lebih baik dari kelas kontrol.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-learning berbasis Moodle dengan pendekatan Guided Inquiry efektif meningkatkan hasil belajar siswa materi hidrokarbon SMA kelas XI.

Copyrights © 2016