ENGINEERING
Vol 6, No 1 (2013): April

PENGARUH PENGALAMAN KERJA, KEPUASAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Studi kasus Di Konveksi Hasta Karya)

Utami, Endah (Unknown)
., Yuliawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2013

Abstract

Konveksi Hasta Karya bergerak di bidang penjahitan kaos dan jaket. Permasalahan yang dihadapi adalah jumlah produk yang dihasilkan tidak mencapai target dan menurun, adanya produk cacat sehingga perusahaan harus mengalokasikan biaya perbaikan. Perusahaan belum mengetahui faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja karyawannya., sehingga jika sudah diketahui dapat dilakukan perbaikan dan mampu mengurangi biaya perbaikan produk. Populasi penelitian ini 18 karyawan. Pengumpulan data dengan menyebarkan 3 angket yaitu angket pendahuluan dengan hasil dari 11 faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja yaitu : motivasi kerja, pengalaman kerja, kepuasan kerja, disiplin kerja, pendidikan, faktor fisiologis, faktor fisik pekerjaan, sistem pengawasan, lingkungan sosial, kesejahteraan karyawan dan pengupahan yang mempunyai persentasenya tinggi (data pada lampiran 3) adalah pengalaman kerja, kepuasan kerja dan disiplin kerja, angket awal yang diolah dengan Analisis Regresi Ganda dan angket setelah upaya perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama pengalaman kerja, kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap peroduktivitas kerja karyawan (2) besarnya pengaruh pengalaman kerja, kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja adalah 64% (3) faktor pengalaman kerja mempunyai pengaruh lebih besar terhadap produktivitas kerja (4) sebelum usaha perbaikan persentase produktivitas kerja 76%, pengalaman kerja 62%, kepuasan kerja 77% dan disiplin kerja 73%, setelah upaya perbaikan yaitu peneliti membuat peraturan secara lisan maupun tulisan, terjadi perubahan produktivitas kerja 87%, pengalaman kerja 69%, kepuasan kerja 86% dan disiplin kerja 83% dan terjadi penurunan biaya perbaikan produk. Kata Kunci : produktivitas kerja, pengalaman kerja , kepuasan kerja dan disiplin kerja.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

eng

Publisher

Subject

Engineering

Description

Journals that publish scientific articles from various engineering / engineering disciplines namely mechanical engineering, industrial engineering, civil engineering. Articles published in the Engineering Journal include the results of original scientific research (top priority), scientific review ...