CERMIN
No 045 (2009): Oktober

PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUM PEGADAIAN DI KABUPATEN TEGAL (KASUS PERUM PEGADAIAN CABANG SLAWI, BANJARAN DAN TALANG KABUPATEN TEGAL)

Jalil, Mahben (Unknown)
Gunistiyo, M.Si., Drs. (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2012

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan danfasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Perum Pegadaian di Kabupaten Tegal danuntuk mengetahui variabel yang memberikan pengaruh lebih besar diantarapelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Perum Pegadaian diKabupaten Tegal.Berdasarkan pengujian dengan Chi square (2), diperoleh bahwa terdapathubungan yang signfikan antara pelayanan dan kepuasan konsumen, atau semakin baikpelayanan yang diberikan, semakin baik pula kepuasan konsumennya. Untuk analisishubungan antara Fasilitas dan kepuasan konsumen,diperoleh bahwa terdapathubungan yang signfiikan antara fasilitas dan kepuasan konsumen, atau semakin baikfasilitas yang diberikan, semakin baik pula kepuasan konsumennya. Dari hasilperhitungan diketahui pula bahwa pelayanan memberikan pengaruh lebih besarterhadap kepuasan konsumen dibandingkan dengan fasilitas, sehingga hipotesis keduadapat diterima.

Copyrights © 2009