CERMIN
No 46 (2010): Maret

Persepsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal Terhadap Etika Bisnis

Jalil, Mahben (Unknown)
Mubarok, Abdulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal terhadap etika bisnis dan apakah ada perbedaan persepsi yang signifikan tentang etika bisnis antara mahasiswa tersebut yang belum bekerja dan yang sudah pernah bekerja. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 99 responden penelitian yang terdiri dari 58 responden mahasiswa yang belum bekerja (kelompok 1) dan 41 mahasiswa yang sudah pernah bekerja (kelompok 2). Pemilihan responden(sampel) dilakukan secara convennience. Uji validitas dilakukan dengan melakukan korelasi bivariate antara masing-masing skor indikator, sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan uji statistik cronbach alpha. Untuk mengetahui seberapa baik persepsi tentang etika bisnis, data dianalisis dengan memproporsikan total skor perhitungan dari masing-masing kelompok responden dengan total skor idealnya. Kemudian diinterpretasikan dengan kriteria interpretasi skor. Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut dilakukan dengann uji statistik beda-test, SPSS for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti tegal yang belum bekerja ataupun yang sudah (perna) bekerja mempunyai persepsi yang baik terhadap etika bisnis. Kalau dibandingkan antara kedua kelompok tersebut persepsi mahasiswa yang belum bekerja lebih baik (76,98 %) dari pada mahasiswa yang sudah (pernah) bekerja (74,96 %). Apabila dibandingkan antara kedua kelompok tersebut memang ada perbedaan persepsi tentang etika bisnis antara mahasiswa yang belum bekerja (103,90) dan mahasiswa yang sudah bekerja (101,20). Namun demikian perbedaannya tidak signifikan. Hal ini dapat dilihat dari sampel variance assumed sebesar 1,263 dengan probabilitas signifikansi 0,210 (>0,05). Kata Kunci : persepsi, etika bisnis

Copyrights © 2010