Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI MARKERLESS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA FAST CORNER DETECTION BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS MULTIMEDIA BUKU INTERAKTIF KEBUDAYAAN LOKAL KALIMANTAN BARAT)

Putra, Satria Islami Wahana (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2019

Abstract

Buku merupakan salah satu media cetak yang sangat penting untuk dibaca, tidak terkecuali dengan buku kebudayaan lokal daerah. Dalam perkembangan media cetak, umumnya terkesan dan terlihat satu arah sebab hanya bisa dibaca dan terkadang pembaca tidak dapat menerima informasi lebih terutama informasi mengenai buku kebudayaan daerah karena terdapat hanya beberapa gambar di buku tersebut. Pada penelitian ini, Augmented  Reality (AR) dapat diimplementasikan kedalam buku cetak yang dibuat dalam bentuk pengenalan budaya lokal Kalimantan Barat berbasis ponsel Android, sehingga terlihat lebih menarik dan aktraktif untuk dibaca sebab pembaca juga dapat berperan dalam hal ini. AR dalam konsep markerless menawarkan keunggulan dalam penggabungan objek 3D dengan lingkungan realitas, namun hal tersebut harus diimbangi dengan proses pendeteksian marker sebagai objek yang ditampilkan. Pada metode FAST Corner detection yang digunakan, dibahas mengenai apa saja yang dapat mempengaruhi baik atau buruk dari implementasi AR. Sebab FAST merupakan algoritma dalam pengenalan objek 2D yang memanfaatkan tingkat kecerahan suatu objek gambar 2D yang akan dijadikan marker, sehingga setiap nilai dari titik sudut piksel gambar tersebut dapat dikenal oleh sistem. Untuk perolehan hasil dari aplikasi, kamera ponsel mendeteksi marker dengan sudut pandang terdeteksi diantara 0º - 75º dan kadar cahaya sedang pada jarak 0 - 30 cm. Kata Kunci : Kebudayaan, AR, metode FAST, marker 2D, Android.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...