Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 7, No 02 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELOMPOK UANG KULIAH TUNGGAL MENGGUNAKAN METODE TOPSIS DENGAN PEMBOBOTAN METODE RANKING (Studi Kasus: Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura Pontianak)

, Muhammad Diponegoro, Mia Purnama , Sampe Hotlan Sitorus (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2019

Abstract

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap calon mahasiswa baru berdasarkan kemampuan ekonominya. Proses untuk menentukan kelompok uang kuliah tunggal membutuhkan ketelitian dan waktu, karena data mahasiswa akan dibandingkan dengan kriteria UKT satu persatu. Sistem pengambilan keputusan dalam menentukan kelompok UKT yang telah ada menggunakan 5 kriteria dalam menilai kemampuan orangtua mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu aplikasi pendukung keputusan untuk membantu dalam menentukan kelompok UKT. Ada 5 Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; penghasilan orangtua, pekerjaan orangtua, pajak kendaraan roda 2, pajak kendaraan roda 4, dan daya listrik/token. Pengujian dilakukan dengan membandingkan hasil penentuan kelompok UKT yang sebenarnya dengan hasil pengelompokan UKT menggunakan metode TOPSIS, dan membandingkan hasil pengelompokan UKT yang sebenarnya dengan pengelompokan UKT menggunakan metode TOPSIS dengan pembobotan metode ranking. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa hasil pengujian menggunakan metode TOPSIS memiliki 82 data yang sama dengan kelompok UKT yang sebenarnya, sedangkan pengujian dengan metode TOPSIS dengan pembobotan metode ranking hanya memiliki 33 data yang sama dengan kelompok UKT yang sebenarnya. Hasil pengujian disimpulkan bahwa metode TOPSIS dapat digunakan dalam penentuan kelompok UKT, sehingga Sistem Pendukung Keputusan penentuan kelompok UKT dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penentuan kelompok UKT. Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, UKT, Kriteria, TOPSIS, ranking.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...