Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2018)

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DISERTAI PENILAIAN PORTOFOLIO

Patni, L. Diah Praba (Unknown)
Parwati, N. N (Unknown)
Suharta, I. G. P (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran AIR disertai penilaian portofolio, (2) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran AIR disertai penilaian portofolio. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing ? masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-i SMP Negeri 5 Singaraja sebanyak 28 orang siswa pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017. Data pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes pemahaman konsep dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran AIR disertai penilaian portofolio dikumpulkan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan nilai pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, yakni 32% pada siklus I, 54% pada siklus II, dan 79% pada siklus III. Peningkatan optimal terjadi pada siklus III dengan persentase ketuntasan sebesar 79% dan rata ? rata skor tanggapan siswa berada dalam kategori positif. Peningkatan optimal yang terjadi pada siklus III karena guru menekankan pada: (1) Memberikan motivasi dan dorongan pada siswa untuk aktif dalam pembelajaran, (2) Memperbanyak latihan soal dengan memberikan latihan, kuis dan tugas rumah untuk menerapkan konsep, (3) Memberi pertanyaan ? pertanyaan yang berkaitan dengan konsep lama yang telah dipelajari untuk mempermudah memahami konsep baru yang akan dipelajari, dan (4) Penilaian portofolio yang dapat membantu siswa melakukan refleksi diri serta membantu guru memantau perkembangan siswa terkait pemahaman terhadap materi yang telah diberikan. Kata kunci: model pembelajaran AIR, penilaian portofolio, pemahaman konsep matematika

Copyrights © 2018