AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan pemahaman konsep biologi antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri bebas dan siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep biologi siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI semester 1 di SMA Negeri 1 Ubud yang berjumlah 120 orang siswa. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik random sampling. Data pemahaman konsep dikumpulkan dengan tes obyektif dan data gaya kognitif dikumpulkan dengan test GEFT . Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif dan ANAVA dua jalur dengan hasil sebagai berikut: Pertama, terdapat perbedaan pemahaman konsep biologi antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri bebas dan siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing (F=7,208; p<0,05). Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep biologi siswa (F = 65,451 ; p<0,05). Kata kunci: inkuiri bebas, inkuiri terbimbing, pemahaman konsep, dan gaya kognitif Abstract The aims of this study was to analyze: (1) the differences of concept understanding between student’s group who studied with free inquiry learning model and guided inquiry, (2) the interactive effects between cognitive style and learning model in concept understanding of the student’s. This is quasi experiments with pretest-posttest nonequivalent control group design. The samples of this research were students of XI SMAN 1 Ubud. The samples of the class for this study was determined by random sampling technique. Data were collected by the objective test and GEFT test. Data were analyzed using descriptive statistics and two ways anova. Based on research, it was found. First, there are differences of concept understanding between student’s group who studied with free inquiry learning model and guided inquiry (F=7.208; p<0.05). Second, there is an interactive effects between cognitive style and learning model in concept understanding of the student’s (F=65.451 ; p<0.05.. Keywords : free inquiry, guided inquiry, concept understanding, and cognitive style.
Copyrights © 2018