EDUKASIA
Vol 9, No 1 (2014): EDUKASIA

PENGEMBANGAN KONSEPSI KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Mustaqim, Yunus (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2014

Abstract

Dinamika perkembangan kurikulum pendidikan Islam perlu mendapat perhatian bagi praktisi pendidikan agar penetapan kebijakannya sesuai dengan tujuan. Diketahui bahwa pendidikan Islam di Indonesia masih jauh dari harapan karena masih banyak output yang belum memiliki kompetensi atau kepribadian yang diharapkan. Penelitian ini menganalisis tentang alasan mengapa kurikulum harus dikembangkan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan  kurikulum, dan cara mengembangkan konsepsi kurikulum pendidikan Islam.  Dengan melakukan  penelitian kepustakaan, diperoleh hasil bahwa (1) Kurikulum pendidikan Islam harus dikembangkan untuk mencapai keberhasilan peserta didik baik dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik; (2) faktor yang mempengaruhi perkembangan kurikulum adalah; tujuan, tuntutan masyarakat global, isi atau materi yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kondisi psikologis  peserta didik; (3)  untuk mengembangkan konsepsi kurikulum Pendidikan Islam, perlu adanya pemahaman pada masing-masing konsepsi kurikulum yang sudah dirumuskan oleh para ahli pendidikan. Konsepsi kurikulum yang dimaksud adalah: kurikulum akademik,  humanistik,  teknologi, dan rekonstruksi sosial.Kata kunci: pengembangan konsep, kurikulum pendidikan islamThe dynamics of the development of Islamic education curriculum needs to get attention for education practotioners so that the determination of policies can be objective. The problem is many education outputs do not have the expected competence or personality. This study analyzed the reasons why the curriculum should be developed, factors that influence, and how to develop curriculum conception. By doing library research, the result showed that (1) the Islamic education curriculum should be developed to achieve the success of learners in cognitive, affective, and psychomotor; (2) factors affecting the development are purposes, demands of the global community, and contents or materials (3) to develop a conception of the curriculum of Islamic education, the need for understanding on their respective conceptions of the curriculum that has been formulated by education experts. The conceptions of the curriculum are: the academic curriculum, humanistic, technological, and social reconstruction.Keywords: concept development, the curriculum of Islamic education

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

Edukasia

Publisher

Subject

Education

Description

Articles to be received and published in the Journal of EDUKASIA are included in the scope of Islamic ...