JURNAL FOKUS KONSELING
Vol 5, No 2 (2019)

Efektivitas Layanan Bimbingan Teknik Permainan Terhadap Kreativitas Pada Siswa Sekolah Dasar An Nur Surabaya

Wirastania, Aniek (PGRI Adi Buana University Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Kreativitas adalah salah satu bagian penting yang harus dikembangkan agar dapat meningkatkan potensi siswa. Kurangnya pengembangan kreativitas pada anak dapat mengakibatkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tidak efektif. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mengembangkan kreativitas adalah dengan memfasilitasi proses pembelajaran siswa dengan sebuah layanan bimbingan yang terarah. Layanan bimbingan yang terarah dapat dilakukan dengan menggunakan teknik permainan. Permainan merupakan teknik yang dinilai efektif dalam meningkatkan perkembangan kemampuan seorang individu. Teknik permainan ini dilakukan dalam sebuah kondisi yang menggunakan media tertentu untuk menciptakan suasana menyenangkan serta memberikan manfaat. Program bimbingan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan media kertas dan plastisin. . Penelitian ini bertujuan untuk yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengembangkan program bimbingan teknik permainan yang nantinya efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah non-equivalent pretest-posttest one group design. Tahapan pelaksanaan penelitian ini ada 3 tahapan, yang diawali dengan pengembangan program bimbingan teknik permainan kemudian dilanjutkan dengan implementasi program bimbingan pada kelas eksperimen. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan skor kreativitas siswa sebelum dan sesudah mengikuti sesi program bimbingan teknik permainan. Program bimbingan teknik permainan efektif dalam meningkatkan kreativitas pada siswa sekolah dasar.Kata kunci: Kreativitas, Program Bimbingan, Permainan, Eksperimen Semu

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fokus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Fokus Konseling (Jurnal Bimbingan dan Konseling) ISSN: 2356-2102, e-ISSN: 2356-2099 is a peer-reviewed, scientific journal published by Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Pringsewu in collaboration with Association of Guidance and Counseling Indonesia (ABKIN) Kabupaten ...