Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan pemahaman matematis Siswa SMP Negeri 5 Kota Ternate pada materi SPLDV setelah di terapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP Negeri 5 Kota Ternate pada materi SPLDV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian two sample pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah SMP N 5 Kota Ternate pada kelas VIII-1 bejumlah 23 siswa dan kelas VIII-2, berjumlah 22 siswa, dengan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu Patokan Acuan Skala 5 dan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw diperoleh 17% siswa dengan kategori baik sekali, 26% siswa dengan kategori Baik, 39% siswa dengan kategori cukup, 17 % siswa dengan kategori kurang sekali, sisanya 0% siswa dengan kategori gagal. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa thitung = 2,664 dan ttabel= 2, 021 dengan dk = 43 dan α = 0,025. Dengan demikian thitung ttabel, sehingga H0 ditolak atau H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate.
Copyrights © 2017