MAKSI
Vol 5, No 2 (2018)

PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN PANINEUNGAN MAJA KABUPATEN MAJALENGKA

PIPIH SOPIYAN (Unknown)
KIKI GUNAWAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2019

Abstract

Atribut produk adalah unsur-unsur produk  yang dianggap penting oleh konsumen yang dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian, selain itu kualitas pelayanan yang baik dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Karena atribut produk dan kualitas pelayanan dapat merubah persepsi konsumen terhadap produk yang ditawarkan sehingga dapat memudahkan konsumen dalam mengambil keputusan. Atas dasar itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun secara simultan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner. Pengujian instrumen data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis datanya adalah analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F dengan pengolahan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 21.Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk atribut produk berada dalam kategori cukup baik, untuk kualitas pelayanan berada dalam kategori cukup baik dan keputusan pembelian berada dalam kategori sedang. Hasil uji parsial atribut produk tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas pelayanan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.  Hasil  uji  simultan  atribut  produk  dan  kualitas  pelayanan  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Atribut Produk, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian

Copyrights © 2018