Penelitian ini dilakukan untuk optimasi perancangan dan analisis turbin angin sebagai teknologi alternatif yang dimanfaatkan untuk penerangan jalan tol. Penerangan jalan tol merupakan hal yang penting bagi aktivitas transportasi terutama dalam kondisi malam hari. Teknologi turbin angin yang dirancang memiliki prinsip kerja yaitu memanfaatkan hembusan angin dari kendaraan yang melintas untuk memutar sudu turbin dan menjadi energi listrik simpan. Data parameter yang mempengaruhi dalam perancangan turbin angin adalah variasi jumlah sudu turbin, sudut puntiran sudu turbin, kecepatan angin, tinggi rotor penggerak turbin, dan massa jenis udara. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan melalui empat tahapan yaitu review literatur, observasi lapangan, perancangan dan analisis turbin angin. Hasil perancangan didapatkan bahwa turbin angin vertikal tipe Darrieus yang optimal untuk penerangan jalan tol dengan jumlah sudu turbin sebanyak dua buah, sudut puntiran sudu turbin sebesar 300, diameter rotor sebesar 350 mm, dan ketinggian rotor sebesar 1,050 mm untuk kecepatan rata-rata angin sebesar 2.1 m/s. Daya yang dihasilkan oleh turbin angin sebesar 1.908 Wh, dimana energi listrik yang disimpan mampu bertahan selama 12 jam di dalam akumulator sebesar 24 V dan kapasitas sebesar 50 Ah. Aplikasi energi tersebut dapat diterapkan pada dua buah lampu LED dengan daya sebesar 40 Watt / 8-24 Volt DC dan total beban pemakaian sebesar 1.104 Wh.
Copyrights © 2017