Jurnal CARE
Vol 2, No 1 (2014)

PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MATA KULIAH STATISTIK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR STATISTIK MAHASISWA IKIP PGRI MADIUN

Sofia Nur Afifah (IKIP PGRI MADIUN)
Ervan Johan Wicaksana (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2017

Abstract

Persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah Statistik berhubungan dengan hasil belajar statistik mereka. Karena persepsi merupakan proses kesadaran, yakni kesadaran terhadap suatu objek yang menghantarkan pada suatu pengertian, proses atau kemampuan untuk merasakan hasil dari pengetahuan dan sebagainya yang diperoleh dengan perasaan dan pengertian atau gerak hati yang bersifat abstrak. Persepsi akan menghantarkan seseorang kepada pengertian atau pemberian makna tentang sesuatu. Bagaimana persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah Statistik menggambarkan tingkat dan pengertian serta pengetahuan akan manfaat Statistik itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui persepsi Mahasiswa IKIP PGRI Madiun tentang Mata Kuliah Statistik, (2) Mengetahui pengaruh persepsi Mahasiswa tentang Mata Kuliah Statistik Terhadap Prestasi Belajar Statistik Mahasiswa IKIP PGRI Madiun.  Penelitian ini menggunakan rancangan Mixed Methods yang terdiri dua macam penelitian, yang satu merupakan penelitian kualitatif dan yang satu merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini diambil dari mahasiswa semester IV Program Studi PGSD IKIP PGRI Madiun Tahun Ajaran 2013/2014 sejumlah 28 mahasiswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Selain teknik tersebut juga menggunakan uji hipotesis berupa uji spearman. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Persepsi Mahasiswa IKIP PGRI Madiun tentang Mata Kuliah Statistik secara garis besar termasuk berkategori baik; (2) Tidak terdapat pengaruh persepsi mahasiswa tentang mata kuliah statistik terhadap prestasi belajar statistik mahasiswa IKIP PGRI Madiun hal ini terbukti pada hasil nilai P = 0,124 atau (P>0,05) dan nilai rxy = 0,294 yang artinya hubungan antara persepsi mahasiswa tentang mata kuliah statistik terhadap prestasi belajar statistik mahasiswa IKIP PGRI Madiun adalah lemah.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...