Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 4, No 1 (2019)

Penerapan Pendekatan Problem Solving Ditinjau Dari Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Landita, Asriana (Unknown)
Kodirun, Kodirun (Unknown)
Makkulau, Makkulau (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2019

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving dan pendekatan saintifik ditinjau dari Self-Regulated learning. Pengambilan dua sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan random class.Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan komunikasi matematis siswa berbentuk tes uraian, angket self-regulated learning dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan Uji ANAVA dengan RAK dan Uji t Beda Dua Rataan dari data N-Gain kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Secara signifikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving lebih tinggi daripada pendekatan saintifik; (2) Secara signifikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik ditinjau dari Self-Regulated Learning.

Copyrights © 2019