English Teaching Journal : A Journal of English Literature, Language, and Education
Vol 3, No 2 (2015)

ENHANCING STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH KWL TECHNIQUE

Sri Fatmaning Hartatik (IKIP Budi Utomo Malang)
Emielda Shendita Putri (IKIP Budi Utomo Malang)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas x di SMK PGRI Pakis-Malang dalam memahami teks naratif. Penelitian ini perlu dilakukan karena hasil dari preliminary study menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks naratif. Selain itu, informasi dari guru menunjukan bahwa siswa memiliki motivasi yang rendah dan kurang bias bekerjasama dalam pembelajaran membaca teks naratif. Dengan menggunakan instrumen yang berupa kuesioner, lembar observasi, catatan lapangan, dan tes yang diterapkan pada dua siklus, ditemukan bahwa teknik KWL mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks naratif. Secara kualitatif, terbukti bahwa siswa lebih  antusias dalam mengikuti pelajaran karena mereka memeliki kesempatan berinteraksi dengan teman sejawat, serta memiliki pengalaman baru dalam belajar. Secara kuantitatif, terbukti bahwa 25 siswa dari 27 siswa memiliki nilai kemampuan membaca yang melebihi KKM sekolah. Penemuan ini memberi informasi bagi para pendidik yang menghadapi persoalan yang sama untuk mencoba mengadopsi ataupun mengadaptasi teknik KWL dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ETJ

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

English Teaching Journal: A Journal of English Literature, Language, and Education (ETJ) is published by Universitas PGRI Madiun and organized by the Department of English Teaching, the Faculty of Teacher Training and ...