PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis

PENGARUH MINAT PERILAKU TERHADAP ACTUAL USE TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi Kasus Pada Kegiatan Belajar Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Siti Tutik Muntianah (Universitas Brawijaya)
Endang Siti Astuti (Universitas Brawijaya)
Devi Farah Azizah (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2013

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan TAM (Technology Acceptance Model) sebagai model penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi secara jelas maka sesuai dengan konsep TAM itu sendiri maka penelitian ini mengukur pengaruh faktor-faktor penggunaan teknologi antara lain pengaruh persepsi kemudahan penggunaan (X1) terhadap persepsi kemanfaatan (Y1), pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap sikap penggunaan (Y2), pengaruh persepsi kemanfaatan terhadap sikap penggunaan, pengaruh persepsi kemanfaatan terhadap minat perilaku (Y3), pengaruh sikap penggunaan terhadap minat perilaku, pengaruh minat perilaku terhadap penggunaan sesungguhnya (Y3). Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori  eksplanatory research dengan pendakatan survey. Sedangkan lokasi penelitian adalah Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, dengan sampel berjumlah 133 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengambilan data melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan structural equation modeling (SEM) atau model persamaan struktural. Tools atau software yang digunakan dalam pengolahan data statistik adalah SPSS 17.0 dan AMOS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 hipotesis terdapat tiga hipotesis yang diterima dan tiga hipotesis yang ditolak

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

profit

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

corporate governance, entrepreneurship, organization and human resource management, marketing management, financial management, operation management, strategic management, information system management, tourism and ...