Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 5, No 2 (2017)

Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Berbantuan Software Wingeom Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Gusnidar Gusnidar (Universitas Islam Raden Intan Lampung)
Netriwati Netriwati (Universitas Islam Raden Intan Lampung)
Fredi Ganda Putra (Universitas Islam Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran konflik kognitif berbantuan software wingeom dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi satu jalur sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis variansi satu jalur dengan sel tak sama, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan antara strategi pembelajaran konflik kognitif berbantuan software wingeom dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Copyrights © 2017