JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE
Vol 5, No 1 (2019): April 2019

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Menganalisiskemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Concept Mahasiswa

Mutiawati Mutiawati (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ubudiyah Indonesia, Jalan Alue Naga Tibang Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh 23114, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 May 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonekuivalen Control-Group Design. Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa D-IV Jurusan Teknik Mesin dengan mengambil dua kelas (eksperimen dan kontrol) yang akan dijadikan sampel dalam penelitian. Kelas eksperimen memperoleh model pembelajaran matematika tipe group investigation dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah pre-test dan post-test untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-conceptmahasiswa serta lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang memperoleh model pembelajaran matematika tipe group investigation lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Self-Conceptmahasiswa yang memperoleh model pembelajaran matematika tipe group investigation lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penggunaan model pembelajaran matematika tipe group investigation dalampembelajaran terbuktidapatmeningkatkankemampuan pemecahan masalah matematis dan self-conceptmahasiswa menjadilebih baik.Keywords: Group Investigation, Mathematical Problem Solving, Self-Concept

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of the Journal of Education Science (JES), p-ISSN 2442-3106, e-ISSN 2615-5338 is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects ...