Klinik Nusantara Medan merupakan sebuah klinik yang memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat medan. Untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik tehadap pasien yang berobat diperlukan suatu penanganan dan pengolahan data yang lebih baik dalam usaha yang sedang berkembang. Dari hasil analisis yang dilakukan, sistem pelayanan pasien yang sedang berjalan pada Klinik Nusantara selama ini masih manual, masih menggunakan media kertas dalam menunjang kegiatan pekerjaannya, penggunaan media kertas dirasakan belum optimal, kendala yang dihadapi pada Klinik Nusantara yaitu pada saat pendaftaran pasien, pegawai harus mencatat data pasien yang berkunjung setiap harinya kedalam buku besar kunjungan harian dan apabila ada pasien yang datang serta tidak membawa kartu berobatnya maka pegawai harus mencari data pasien tersebut. Begitu juga pada bagian obat, pegawai harus mencatat obat kedalam buku besar yang merupakan pengolahan dari resep yang diberikan oleh pasien, sedangkan pada bagian pemeriksaan dokter harus mencatat data penyakit pasien pada kartu rekam medis, dari uraian diatas diperlukan suatu sistem terkomputerisasi yang lebih efektif untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik, disamping sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan pegawai dalam melakukan pekerjaannya selain itu proses penjadwalan dokter pun masih dilakukan secara manual sehingga banyak pasien yang terlalu cepat datang ataupun terlambat datang ke Klinik untuk berobat.
Copyrights © 2019