Jurnal Pendidikan Matematika RAFA
Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika RAFA

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Dwi Lestari (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Gusmelia Testiana (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Riza Agustiani (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhdapa kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain post-test only contol design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 9 Palembang dengan populasi seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 11 kelas dan sampelnya adalah VII.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas pembanding. Berdasarkan analisis hasil tes, menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Perhitungan statistik yang didapat dari hasil tes menghasilkan thitung = 3,248 dan ttabel = 2,001, sehingga thitung > ttabel yang menyebabkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa khususnya pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palembang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmrafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Matematika RAFA is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the ...