Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan

KAJIAN BISNIS PERIKANAN TANGKAP TUNA MADIDIHANG DENGAN ALAT TANGKAP PANCING ULUR DI DESA MALALANDA KECAMATAN KULISUSU KABUPATEN BUTON UTARA

Sutriama, Egis (Unknown)
La Ola, La Onu (Unknown)
Piliana, Wa Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Malalanda Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara selama periode bulan Januari sampai Februari 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran rata-rata volume penjualan hasil tangkapan per trip, mengetahui besaran rata-rata keuntungan nelayan per bulan dan besaran keuntungan tertinggi dan terendah nelayan tangkap madidihang per bulan. Penelitian ini menggunakan metode sensus dengan jumlah responden nelayan tangkap tuna madidihang 8 orang. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara langsung menggunakan kuesioner. Data primer yang dikumpulkan antara lain biaya umpan hidup, bahan bakar, konsumsi, jumlah hasil tangkapan pertrip dan harga penjualan, sedangkan data sekunder terdiri atas jumlah penduduk desa, tingkat pendidikan responden dan data lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Data yang diperoleh di analisis menggunakan rumus penerimaan TR = (P.Q) dan rumus keuntungan π = (TR-TC). Hasil analisis ditemukan bahwa : (1) rata-rata volume penjualan ikan sebanyak 15kg/trip dengan harga Rp60.000/kg sehingga penerimaan total sebesar Rp945.000, (2) keuntungan yang diperoleh  nelayan tangkap tuna madidihang rata‑rata sebesar Rp10.151.794/bulan, dan (3) keuntungan tertinggi sebesar Rp13.304.419/bulan dan keuntungan terendah sebesar Rp7.686.325/bulan.Kata Kunci: Keuntungan, pancing ulur, penerimaan, tuna madidihang

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JSEP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan ini memuat hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu Sosial Ekonomi Perikanan. Sosial Ekonomi Perikanan (sistem agribisnis, analisis biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya, pemasaran hasil perikanan, strategi marketing mix, lembaga ...