PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN MODUL STATISTIK PENDIDIKAN BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN BATAM

Hanggara, Yudhi (Unknown)
Amelia, Fitrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul statistik pendidikan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Unrika Batam pada mata kuliah Statistik pendidikan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan tambahan bahan ajar berupa modul statistik pendidikan berbasis CTL yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa sehingga dapat memudahkan mahasiswa dalam mempelajari statistik pendidikan. Rancangan penelitian berupa penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D atau Four-D (Define, Design, Development, Dissemination). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahan ajar berupa modul statistik pendidikan berbasis CTL yang dihasilkan telah valid, praktis dan efektif dengan tingkat kevalidan sebesar 85,71% dengan kategori sangat baik, tingkat kepraktisan sebesar 81,73% dengan kategori baik dan persentase ketuntasan secara kalsikal sebesar 72,73% dalam kategori baik sehingga dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan efektif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...