cover
Contact Name
Ismarti
Contact Email
ismarti@fkip.unrika.ac.id
Phone
+6281364348485
Journal Mail Official
pythagorasredaksi@gmail.com
Editorial Address
Kampus Universitas Riau Kepulauan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Jl. Batuaji Baru No.99 Batuaji Batam Kepulauan Riau, Indonesia
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 23015314     EISSN : 26157926     DOI : https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2
Core Subject : Education,
Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of the research, and give a significant contribution to the development of mathematic educaton in several topics, but not limited to: - Mathematic education includes media, method and math learning technology - Applied mathematics and statistic
Articles 197 Documents
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS METEMATIS SISWA SMP Raswandi, Raswandi; Lusiyana, Desy; Sulaiman, Moch. Soleh
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i1.244

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang respon pada pembelajaran matematika karena rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Subjeknya adalah siswa kelas VII SMP N 1 Kaliwedi Kab. Cirebon TA 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving learning (TAPPS) di kelas eksperimen lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional di kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan uji perbedaan rerata post-test di dapat nilai sig. sebesar 0,000 0,05 dan rata-rata nilai n-gain peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen 0,434 sedangkan kelas kontrol 0,183.Kata Kunci: Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis This research is motivated by the lack of response to the students 'learning of mathematics because of the low ability students' critical thinking mathematically. This research is a quasi-experimental design with nonequivalent control group. The subjects were students of class VII SMP N 1 Kaliwedi Kab. Cirebon FY 2014/2015. The results showed that the critical thinking skills of mathematical student learning using learning models Thinking Aloud Pair Problem Solving learning (TAPPS) in the experimental group was better than students who are learning to use conventional methods in the control class proved by test mean difference post-test obtained sig. 0.000 0.05 and the average value of n-gain critical thinking skills improvement of students' mathematical experiment class 0.434 While 0.183 the control class.Keywords: Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) learning model, mathematical critical thinking skill
HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA TERHADAP NILAI TRY OUT UJIAN NASIONAL MATEMATIKA TINGKAT DIKNAS KOTA BATAM SISWA KELAS IX SMP BAPTIS BATAM Gusmania, Yesi; Nuryuliana, Elza
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.119 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i1.229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan partisipasi aktif siswa terhadap nilai try out ujian nasional matematika tingkat Diknas Kota Batam tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Baptis Batam di kelas IX. Sumber data diperoleh dengan menggunakan angket. Sebelum digunakan untuk mengambil data terlebih dahulu instrumen diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan statistik nonparametrik dengan rumus kendall tau dan untuk korelasi berganda menggunakan korelasi kendall's w test dengan fasilitas software SPSS Versi 20. Berdasarkan analisis data didapat hasil variabel kepercayaan diri dengan nilai try out ujian nasional matematika memiliki besar korelasi 0,211 dengan angka sig.(2-tailed) 0,038, variabel partisipasi aktif siswa dengan nilai try out ujian nasional matematika memiliki besar korelasi 0,171 dengan angka sig.(2-tailed) 0,094 serta variabel kepercayaan diri dan partisipasi aktif siswa secara bersama-sama terhadap nilai try out memiliki besar korelasi 0,866 dengan angka sig. sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kepercayaan diri dengan nilai try out ujian nasional matematika dan tidak terdapat hubungan partisipasi aktif siswa dengan nilai try out ujian nasional matematika tingkat Diknas Kota Batam, serta terdapat hubungan antara kepercayaan diri dan partisipasi aktif siswa secara bersama-sama terhadap nilai try out ujian nasional matematika tingkat Diknas Kota Batam.Kata Kunci: kepercayaan diri, partisipasi aktif siswa, nilai try out ujian nasional matematika This study aims to determine the relationship between self-confidence and active participation of students to the value of mathematics national exam try out in Diknas Batam’s Level in the academic year 2014/2015. This study uses a quantitative research methods with correlational research’s type. This study was conducted in 9th grade of Batam Baptist junior high school. Sources of data obtained using a questionnaire. Before being used to retrieve the data, the instrument was tested first to determine the validity and reliability. Data analysis techniques nonparametric statistics using the formula kendall tau and for multiple correlation using the correlation Kendall's W test that done by using SPSS software Version 20. The result of data analysis obtained the correlation coefficient between self confidence with thevalue of mathematics national exam try out is 0,211 with sig.number (2-tailed) 0.038, the correlation coefficient between active participation of students with with the value of mathematics national exam try out 0.171 with sig.number (2-tailed) 0.094 and the correlation coefficient among self-confidence and active participation of students together against with the value of mathematics national exam try out is 0.866 correlation with sig.number 0,000. Based on the results, it can be concluded that there is a relationship of self confidence with the value of mathematics national exam try out and there is no relationship of active participation of students with the value of mathematics national exam try out Diknas Batam, and also there is a relationship among confidence and active participation of students to with the value of mathematics national exam try out Diknas Batam.Keywords : self-confidence, active participation of students, grades try out national exam mathematics DAFTAR PUSTAKAArief B. Hermawan. (2013). “Pengaruh Partisipasi Kegiatan Osis dan Kecerdasan Emosional terhadap Kreativitas Belajar”. Diambil pda tanggal 16 Februari 2015, dari http://eprints.uny.ac.id/1061811/jurnalAriefBudiHermawan.pdf.Dimyati Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.Fajar Narimo, Budiyono, Mujiyem Sapti. (2014). “Hubungan Nilai Try Out terhadap Nilai Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Siswa SMP di Kecamatan Sapuran”. Diambil pada tanggal 16 Maret 2015, dari http://ejurnal.umpwr.ac.is/index.php/ekuivalen/issue/view/1166.Lubis, S. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.Nurochim, H. (2013). Perencanaan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rajawali Persada.Nur’asyah, Hj. (2005). Hubungan Kepercayaan Diri dan Persepsi Siswa Terhadap Matematika dengan Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri Se Kota Medan. Tesis, Universitas Negeri Medan. Medan. Diambil pada tanggal 17 Februari 2015, dari http://digilib.unimed.ac.id/public/unimed-master-154-025020117-babI.pdf.Redaksi Kanal Pendidikan. (2015). Berakhir Dengan Sukses, Try Out Ujian Nasional Tingkat SMP di Kabupaten Bireuen. Diambil pada tanggal 17 Maret 2015, dari http://koranbireuen.com/2015/03/01/berakhir-dengan-sukses-try-out-un-tingkat-smp-di-kabupaten-bireuen.Rihandoyo. (2009). Alat Uji Hipotesis Penelitian Sosial Non Parametrik. Diambil pada tanggal 23 April 2015, dari www.scribd.com/doc/33134507/Statistik-Non-Parametrik-Dengan-SPSS#scribd.Rob Yeung. (2014). Confidence. Jakarta: Daras Books.Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Yogyakarta: Prenada Media Grup.Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.Utomo Dananjaya. (2011). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.  
PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 SLEMAN Agustyaningrum, Nina
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.648 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan contextualteaching and learning (CTL) dengan setting kooperatif tipe kancing gemerincing terhadapkepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika di SMPN 3 Sleman. Penelitian ini merupakanjenis penelitian eksperimen semu dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompokkontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket kepercayaan diri. Hasil validitas denganvaliditas isi melalui penilaian dari expert judgment sudah mencapai hasil valid, sementara hasilperhitungan reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach diperoleh koefisien reliabilitas 0,858. Teknikanalisis data yang digunakan untuk menganalisis pendekatan manakah yang lebih unggul antarapendekatan pada kelompok treatment dan konvensional adalah dengan uji statistik independentsample t-test. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa pembelajaranmatematika menggunakan pendekatan CTL dengan setting kooperatif tipe kancing gemerincing lebihunggul daripada pendekatan konvensional dalam hal kepercayaan diri siswa dalam pembelajaranmatematika di SMPN 3 Sleman dengan nilai t hitung 2,773 t tabel 1,995.Kata Kunci: contextual teaching and learning, pembelajaran kooperatif, kancing gemerincing,kepercayaan diri.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KARTU RENCANA STUDI (KRS) MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS ANDALAS DENGAN VISUAL BASIC 6.0 Yessy Yusnita, Yessy Yusnita
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.945 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i1.238

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat form Kartu Rencana Studi (KRS) serta algoritma form KRS tersebut yang disesuaikan dengan format form Universitas Andalas. Program atau algoritma untuk pembuatan form dibuat dengan menggunakan Visual Basic 6.0. Data yang diinput seperti No.BP mahasiswa dan nama dosen pembimbing dalam pembuatan algoritma form KRS tersebut, dibatasi pada data mahasiswa Non Reguler 2005 dan data dosen jurusan matematika Universitas Andalas. Pada form dibuat menu utama seperti Pengolahan Data, Tampilan dan Programmer. Menu pilihan dapat dipilih dari menu utama dan diklik untuk menampilkan form lainnya.Kata Kunci: Algoritma dan Program Visual Basic 6.0, Kartu Rencana Studi (KRS)The aim of this study is to create the form of study planning card (KRS) and algorithm of KRS form which adapted from templete of Universitas Andalas form. The program or algorithm for creating the form is programmed using Microsoft Visual Basic 6.0. Input data for the form is student ID and lecturer name . The scope of data is Non-reguler student 2005 and math lecturer of Andalas University. There is main menu that have three sub menu for processing, displaying and programming the data. Those sub menu can be selected by clicking it to display the information. 
PERBANDINGAN METODE MAKE A MATCH DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Dewi, Citra Cumala; smarti, smarti; Nyamini, Nyamini
PYTHAGORAS Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS JOURNAL
Publisher : PYTHAGORAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.219 KB)

Abstract

Berdasarkan survei pendahuluan, hasil belajar matematika siswa Kelas VIII MTsNegeri Batam Tahun Pelajaran 2014/2015 masih di bawah KKM dan perlu ditingkatkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pembelajaran menggunakanmetode make a match dengan metode talking stick terhadap hasil belajar matematika siswakelas VIII MTs Negeri Batam tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakanadalah penelitian quasi eksperimental. Desain penelitiannya adalah posttest only controlgroup design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Batam. Teknik pengambilan sampeldalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitianyang diberikan berupa tes tertulis (posttest) yang diberikan sebanyak 25 soal. Teknik analisisdata pada penelitian ini menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Fisheruntuk menguji homogenitas varians dan uji-t untuk menguji hipotesis.Hasil penghitungan normalitas data pada kelas eksperimen I diperoleh nilaisehingga pada kelas eksperimen I datanya berdistribusinormal. Pada kelas eksperimen II diperoleh nilaisehingga pada kelas eksperimen II data berdistribusi normal. Hasil penghitunganhomogenitas data diperoleh , maka variansnya adalahhomogen. Uji hipotesis 1 diperoleh nilai artinya metodemake a match efektif terhadap hasil belajar matematika. Uji hipotesis 2 diperoleh nilaiartinya metode talking stick efektif terhadap hasil belajarmatematika siswa. Pada uji hipotesis 3 diperoleh nilaiartinya terdapat perbedaan antara penggunaan metode make a match dengan metode talkingstick terhadap hasil belajar matematika siswa. Pada hipotesis 4 dapat dilihat berdasarkanpenghitungan pada hipotesis 3 nilai dan berdasarkanperolehan nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan siswa, dimana pada kelas make amatch diperoleh nilai rata-rata 87,57 dan persen ketuntasan 86% dan pada kelas talking stickdiperoleh nilai rata-rata 80,82 dan persentase ketuntasan 77%. Disimpulkan bahwa metodepembelajaran make a match memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan metodetalking stick pada pokok bahasan balok.Kata Kunci: Make A Match, Talking Stick, Hasil Belajar Matematika
PENGARUH PENERAPAN MODEL MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 10 BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Ghultom, Kristina; Putra, Jaya Dwi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.755 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i1.245

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 10, dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VII 10 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 9 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 42 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh penerapan Model Mastery Learning terhadap hasil belajar Matematika, 2) pengaruh penerapan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Matematika, 3) perbedaan pembelajaran Model Mastery Learning dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan awal (pretest) dan tes akhir (posttest) yang sudah diuji tingkat validitas dan relibilitasnya. Metode pengujian hipotesis yang pertama dan kedua digunakan one sample t test terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk pengujian hipotesis yang ketiga menggunakan t-test separated varians terhadap rata-rata posttest. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan 1) terdapat pengaruh penerapan Model Mastery Learning terhadap hasil belajar Matematika, 2) terdapat pengaruh penerapan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Matematika, 3) terdapat perbedaan pembelajaran Model Mastery Learning dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika.Kata kunci: Eksperimen semu, Mastery Learning, pembelajaran Konvensional, Hasil belajarThis study was a quasi-experiment research. The study population was all students of class VII SMPN 10, with a random cluster sampling technique derived class VII 10 as the experimental group and class VII 9 as a control group. Each class consists of 42 students. This study aims to determine 1) the effect of the application of Model Mastery Learning the learning outcomes of Mathematics, 2) effects of the application of conventional learning to the learning outcomes of Mathematics, 3) learning differences Mastery Learning Model with conventional learning the mathematics learning outcomes. The research instrument used is the initial capability test (pretest) and final test (posttest) already tested the validity and relibilitasnya. method of testing the hypothesis that the first and second use one sample t against an experimental class and control class. For the third hypothesis testing using t-test separated variance on average posttest. Based on the results of the study, it was concluded 1) there is significant effect of Mastery Learning Model through the learning outcomes of Mathematics, 2) there is significant effect of conventional learning to the learning outcomes of Mathematics, 3) there is difference effect of Mastery Learning Model and conventional learning through mathematics learning outcomes. Keywords: Experiment apparent, Mastery Learning, Conventional learning, learning outcomes 
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI KECAMATAN LEMBAH GUMANTI Husna, Asmaul
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.113 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i1.233

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika merupakan aspek yang sangat penting dalam belajar matematika, rendahnya kemampuan komunikasi matematika akan mempengaruhi kualitas belajar siswa yang mengakibatkan prestasi siswa rendah di sekolah, itu juga terjadi di SMP N Lembah Gumanti. TTW merupakan salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dalam belajar. Penelitian ini adalah kuasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N Kecamatan Lembah Gumanti. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 SMP N 3 Lembah Gumanti sebagai kelas eksperimen dan siswa VIII 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANCOVA (analisis Kovarian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa secara keseluruhan yang diajarkan dengan strategi pembelajaran TTW lebih tinggi dari pada siswa diajarkan dengan pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Kemampuan Awal, dan Kemampuan Komunikasi MatematisThe ability of communication skills was a math learning goals stated by the Ministry of Education, and was a very important aspect in learning mathematics. Lack of communication skills mathematical concepts students will affect the quality of student learning that result in low student achievement in school, it was also happening in SMP Lembah Gumanti. Think Talk Write learning strategies was one alternative to improve the liveliness and creativity of students in learning. This research is a Quasi Experiment. The population in this study were students of SMP Lembah Gumanti District. The samples in this study were students of class VIII 1 SMP N 3 Lembah Gumanti as experimental class and VIII 2 grade students as a class randomly selected controls. Instrument used was a written test. The data obtained were analyzed using ANCOVA test (analysis of Covariance). The results showed that communication skills and capable overall high initial learning strategies taught by TTW higher than the students who taught by conventional learning.Keywords: Think Talk Write cooperative learning, pre-ability, mathematical communication skill.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TIPE VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWAKELAS VII SMP NEGERI 17 BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Yulia, Putri; Luqman, Mohamad
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.426 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.191

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknyaperbedaankemampuan komunikasi matematis siswa yang diajardengan model pembelajaranquantum tipe Visual Auditory Kinesthetic (VAK) dan model pembelajaran konvensional padasiswa kelas VII SMP Negeri 17 Batam. Jenis penelitian yang digunakan adalah PenelitianQuasi Eksperimen (Quasi Eksperimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Batam. Pada penelitian ini sampel yang digunakanadalah kelas VIIDdankelas VIIE. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah uji prasyaratkemudiandilanjutkan menggunakan rumus Separated Varians(Uji t). Hasilpenelitian menunjukkan bahwa harga thitung = 2,18 sedangkan harga ttabel = 1,66. Karena hargathitung ttabel maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya terdapatperbedaanyang signifikan antara model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic dan Modelpembelajarankonvensionaldi SMP Negeri 17 Batam.Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran quantum tipe visualauditory kinesthetic (VAK)
PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINIER ANTARA MENGGUNAKAN METODE DETERMINAN DENGAN METODE SUBSTITUSI DI MAN 1 MEDAN Hasibuan, Nailul Himmi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.416 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i1.239

Abstract

Penelitian ini berdasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara metode determinan dengan metode substitusi. Penelitian ini merupakan quasi eksperiment. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 terdiri dari 9 kelas. Dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas X2 (40 siswa) sebagai kelas eksperimen I menggunakan Metode Substitusi dan kelas X3 (40 siswa) sebagai kelas eksperimen II menggunakan Metode Determinan. Tes yang digunakan berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Sebelum tes ini ditetapkan terlebih dahulu diujicobakan untuk melihat reliabilitas dan validitas. Dari hasil penelitian data post-test kedua kelas berdistribusi normal dan kedua sampel homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung ttabel yaitu 6,6855 1,996, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan metode determinan dengan metode substitusi di kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Metode Determinan, Metode Substitusi This study is based on lack of mathematical problem solving ability of students, the purpose of this study to determine differences in mathematical problem solving ability of students between the determinant method and substitution method. This study is a quasi experiment. The study population is the entire class X MAN 1 T.A.Y 2013/2014 consists of nine classes. Randomly selected two classes, X2 class (40 students) as an experimental class I use the method of substitution and X3 class (40 students) as an experimental class II using Determinant Method. The tests used in the form of test descriptions to measure students' mathematical problem solving ability. Before the test is determined beforehand tested to see reliability and validity. From the research data is second-class post-test two samples with normal distribution and homogeneous. After the hypothesis test using t-test found that tcount ttable ie 6.6855 1.996, then Ho is rejected and H1 accepted. Thus it can be concluded that there are differences in mathematical problem solving ability of students taught with methods determinant by substitution method in class X MAN 1 T.A.Y 2013/2014. Keywords: Mathematic Problem Solving, Determinants Method, Substitution Method.
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DENGAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP LAKSAMANA BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Amelia, Fitrah; Siahaan, Ferdinand Herman
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.691 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbandingan model pembelajarankooperatif tipe course review horay dengan time token arends terhadap hasil belajarmatematika siswa kelas VIII di SMP Laksamana Batam. Jenis penelitian ini adalahkomparatif atau perbandingan dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Laksamana Batam dan sampeldalam penelitian ini adalah kelas VIII-C dengan 40 orang siswa sebagai kelas eksperimen 1yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dan kelas VIII-Edengan 38 orang siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajarantime token arends. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar.Pengolahan data hasil tes akhir dilakukan melalui uji hipotesis yang menggunakan uji-t. Padaselang kepercayaan 95 % dengan α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 4,069 dan ttabel = 1,992.Rata-rata hasil tes akhir siswa kelas eksperimen 1 adalah 83,55 sedangkan rata-rata hasil tesakhir siswa kelas eksperimen 2 adalah 77,26, karena thitung ttabel berarti hipotesis penelitianini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar yangsignifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dengan model timetoken arends.Kata Kunci: Course Review Horay, Time Token Arends, Hasil Belajar

Page 1 of 20 | Total Record : 197


Filter by Year

2014 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2022): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 10, No 2 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika More Issue