cover
Contact Name
Ismarti
Contact Email
ismarti@fkip.unrika.ac.id
Phone
+6281364348485
Journal Mail Official
pythagorasredaksi@gmail.com
Editorial Address
Kampus Universitas Riau Kepulauan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Jl. Batuaji Baru No.99 Batuaji Batam Kepulauan Riau, Indonesia
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 23015314     EISSN : 26157926     DOI : https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2
Core Subject : Education,
Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of the research, and give a significant contribution to the development of mathematic educaton in several topics, but not limited to: - Mathematic education includes media, method and math learning technology - Applied mathematics and statistic
Articles 155 Documents
PERBANDINGAN METODE MAKE A MATCH DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Dewi, Citra Cumala; smarti, smarti; Nyamini, Nyamini
PYTHAGORAS Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS JOURNAL
Publisher : PYTHAGORAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.219 KB)

Abstract

Berdasarkan survei pendahuluan, hasil belajar matematika siswa Kelas VIII MTsNegeri Batam Tahun Pelajaran 2014/2015 masih di bawah KKM dan perlu ditingkatkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pembelajaran menggunakanmetode make a match dengan metode talking stick terhadap hasil belajar matematika siswakelas VIII MTs Negeri Batam tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakanadalah penelitian quasi eksperimental. Desain penelitiannya adalah posttest only controlgroup design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Batam. Teknik pengambilan sampeldalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitianyang diberikan berupa tes tertulis (posttest) yang diberikan sebanyak 25 soal. Teknik analisisdata pada penelitian ini menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Fisheruntuk menguji homogenitas varians dan uji-t untuk menguji hipotesis.Hasil penghitungan normalitas data pada kelas eksperimen I diperoleh nilaisehingga pada kelas eksperimen I datanya berdistribusinormal. Pada kelas eksperimen II diperoleh nilaisehingga pada kelas eksperimen II data berdistribusi normal. Hasil penghitunganhomogenitas data diperoleh , maka variansnya adalahhomogen. Uji hipotesis 1 diperoleh nilai artinya metodemake a match efektif terhadap hasil belajar matematika. Uji hipotesis 2 diperoleh nilaiartinya metode talking stick efektif terhadap hasil belajarmatematika siswa. Pada uji hipotesis 3 diperoleh nilaiartinya terdapat perbedaan antara penggunaan metode make a match dengan metode talkingstick terhadap hasil belajar matematika siswa. Pada hipotesis 4 dapat dilihat berdasarkanpenghitungan pada hipotesis 3 nilai dan berdasarkanperolehan nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan siswa, dimana pada kelas make amatch diperoleh nilai rata-rata 87,57 dan persen ketuntasan 86% dan pada kelas talking stickdiperoleh nilai rata-rata 80,82 dan persentase ketuntasan 77%. Disimpulkan bahwa metodepembelajaran make a match memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan metodetalking stick pada pokok bahasan balok.Kata Kunci: Make A Match, Talking Stick, Hasil Belajar Matematika
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 16 BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Yulia, Putri
PYTHAGORAS Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS JOURNAL
Publisher : PYTHAGORAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.696 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektifitas model pembelajaran CTL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 16 Batam dengan tujuan untuk mengetahui model pembelajaran CTL efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 16 Batam.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest-posttes-control group design.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 16 Batam tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang diambil dengan teknik random sampling, yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII.4 dengan menggunakan model pembelajaran CTL dan kelas kontrol adalah kelas VIII.3 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai kelas pembanding. Intrumen yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah berupa soal tes pemecahan masalah berbentuk uraian dengan materi kubus dan balok. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil pemecahan masalah kelas eksperimen untuk pre-test 42,44 dan post-test 77,66 sedangkan kelas kontrol untuk pre-test 36,30 dan post-test 44,70. Sedangkan hasil statistik diperoleh pada hipotesis pertama diperolehbahwa model pembelajaran CTL efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan signifikansi thitung = 2,99 dan ttabel = 2,015 yang berarti 2,99 > 2,015 maka Ha diterima. Pada hipotesis dua model pembelajaran konvensional tidak efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan signifikasi thitung = -7,66 (-7,66 < 2,015), maka Ha ditolak. Sedangkan pada hipotesis tiga dan empat diperoleh terdapat perbedaan model pembelajaran CTL dengan konvensioanl dan model pembelajaran CTL lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional dengan taraf signifikan thitung = 9,89 (9,89 > 1,988), maka Ha diterima.Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL dan Kemampuan Pemecahan MasalahThis study discusses the effectiveness of the learning model CTL against mathematical problem solving ability of eighth grade students of SMP N 16 Batam. This research is an experimental research by using a pretest-posttest-control group design. The population in this study entire eighth grade students of SMP N 16 Batam 2014/2015 consisting of 8 classes. Samples taken by cluster random sampling technique, which was elected class is a class VIII.4 as experiment using CTL learning model and the control class is the class VIII.3 using conventional learning model as a comparison class. Instruments used by the author in this study is in the form of test solving the cube-shaped description of the material and beam. Based on the analysis of the data showed that the average results of the experimental class problem solving pre-test to post-test 42.44 and 77.66, while the control class pre-test to post-test 36.30 and 44.70. While the statistical results obtained on the first hypothesis shows that the CTL effective learning model for students problem solving skills with the significance of t = 2.99 and t table = 2.015 which means 2.99 > 2.015, the Ha accepted. In the hypothesis of two conventional learning models are not effective against the problem solving ability of significance t = -7.66 (-7.66 < 2.015), then Ha is rejected. While the hypothesis three and four there is a difference obtained by conventional learning model CTL and CTL learning model is better than the conventional learning model with the significant level of t = 9.89 (9.89 > 1.988), then Ha accepted.Keywords: CTL and mathematics problem solving ability
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PEKERJA DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN BATAM Yulia, Putri
PYTHAGORAS Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS
Publisher : , PRODI. MATEMATIKA, RIAU KEPULAUAN UNIVERSITY, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pekerja di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan Batam. Penelitian ini merupakan Penelitian Assosiatif. Partisipan penelitian adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan semester VI Universitas Riau Kepulauan Batam. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas A Jurusan Pendidikan Matematika, Kelas D Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Kelas A Jurusan Pendidikan Biologi. Instrumen penelitian terdiri dari angket dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Didapat hasil penelitian sebagai berikut. (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar mahasiswa pekerja di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan dengan nilai r = 0,98 . (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pekerja di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan dengan nilai  r = 0,97. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pekerja di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan dengan r = 0,981. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi dan gaya belajar mahasiswa pekerja memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap prestasi belajar mahasiswa pekerja di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan Batam.Kata Kunci: motivasi berprestasi, gaya belajar, prestasi belajar AbstractThis study aimed to determine the relationship between achievement motivation and learning styles and academic achievement of students working in the Faculty of Education University of Batam Riau Islands. This study is an associative research. Study participants were students of the Faculty of Education, University of Riau Islands VI semester Batam. This research was conducted at the Department of Mathematics Education Class A, Class D English Department and Class A Department of Biology Education. The research instrument consisted of a questionnaire and documentation. Technical analysis of the data is done by testing normality, linearity test and test hypotheses. Obtained the following results. (1) There is a significant relationship between achievement motivation and achievement of students working in the Faculty of Education, University of Riau Islands by the value of r = 0.98. (2) There is a significant relationship between learning styles and academic achievement of students working in the Faculty of Education, University of Riau Islands by the value of r = 0.97. (3) There is a significant relationship between achievement motivation and learning styles and academic achievement of students working in the Faculty of Education, University of Riau Islands with r = 0.981. Based on the above results, it can be concluded that the achievement motivation and learning styles of students workers have a significant and positive relationship towards the achievement of students working in the Faculty of Education University of Batam Riau Islands.Keywords: achievement motivation, learning styles, learning achievement
PENGARUH PENERAPAN METODE PRAKTIK LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 BATAM PADA MATERI FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI Fordiana, Ratih; Hartanto, Suryo
PYTHAGORAS Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS
Publisher : , PRODI. MATEMATIKA, RIAU KEPULAUAN UNIVERSITY, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode praktik laboratorium terhadap hasil belajar dan minat belajar kimia siswa  kelas XI SMK Negeri 5 Batam, pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 5, sampel penelitian dengan teknik cluster sampling, dengan kelas eksperimen adalah kelas XI Teknik Pengelasan Kapal sejumlah 34 siswa, untuk kelas kontrol adalah kelas XI Teknik Pemesinan Kapal, sejumlah 34 siswa.Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes tertulis, yang sudah diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan, penerapan metode praktik laboratorium terhadap hasil belajar dan minat belajar kimia siswa kelas XI SMK Negeri 5, dengan taraf pencapaian minat belajar kimia dalam kategori cukup, dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan penerapan metode praktik laboratorium terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa kelas XI  SMK Negeri 5 Batam pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.Kata Kunci: Metode Praktik Laboratorium, Hasil Belajar, Minat BelajarAbstractPurpose of this study was to determine the effect of laboratory practice methods for chemistry learning outcomes and learning interest, student of XI grades SMK Negeri 5 Batam, in factors affect the rate of reaction. This research is experimental. The population is the entire  XI grade SMK Negeri 5, technique sample using a cluster sampling method, the experimental class is a XI grade  Shipbuilding Welding Techniques number of 34 students, for the control class is XI grades Shipbilding Machine Techniques, number of 34 students.Instrumen in this study using a questionnaire and a written test, which has been tested for validity and reliability levels. Based on the results, there is significant influence, the application of laboratory practice methods for learning outcomes and learning interest of chemistry, XI grades student of SMK Negeri 5, with a level of achievement in the category of learning interest is “enough”, for conclusion, there is a significant of the application methods  laboratory practice on learning outcomes and learning interest of chemistry, XI grades students of SMK Negeri 5 Batam on material factors that affect the rate of reaction.Keywords: Laboratory Practice Methods, Learning out come, Learning interest
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE HOLLYWOOD SQUARES REVIEW Husna, Asmaul
PYTHAGORAS Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS
Publisher : , PRODI. MATEMATIKA, RIAU KEPULAUAN UNIVERSITY, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.946 KB)

Abstract

Abstract. This study aims to prove: 1) Is the concept comprehension capabilities of class VII SMP N 3 Lembah Gumanti in mathematics learning using active learning strategies type of Hollywood Squares Review is better than using conventional learning, 2) How does the achievement indicator of the concept comprehension capabilities of class VII SMPN 3 Lembah Gumanti in mathematics learning using active learning strategies and the type of Hollywood Squares Review using conventional learning. The population in this study was students of class VII SMP N 3 Lembah Gumanti while the sample was the VII 1 students of SMP N 3 Lembah Gumanti as experiment class and  the VII 2 students of SMP N 3 Lembah Gumanti as the control class that choosen randomly. The instrument used was a written test. Data were analyzed using one tailed t-test. Based on the data analysis, the statistical significance value = 0.000 less than the significance level (α = 0.05) means that H0 was rejected or the concept comprehension capabilities of students who use active learning strategies type of Hollywood Squares Review was better than the students who use conventional learning.Keywords: active learning strategies type of Hollywood Squares Review, concept comprehension capabilities
PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMAN 5 BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Gusmania, Yesi; Marlita, Marlita
PYTHAGORAS Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS
Publisher : , PRODI. MATEMATIKA, RIAU KEPULAUAN UNIVERSITY, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.481 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika terutama pada materi persamaan linear. Penyebab rendahnya disebabkan kurang minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran di kelas  dan pembelajarannya masih monoton, dimana pembelajaran masih berpusat guru (teacher centered). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 5 Batam. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode discovery dan kelas XBsebagai kelas control dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes essay. Teknik analisis menggunakan uji one sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong baik dengan rata-rata 77,04. Dengan µ = 75 maka di peroleh t = 12,686, sehingga dapat disimpulkan bahwah metode discovery learning efektif  terhadap kemampuan pemecahan masalah  matematika siswa dan metode discovery learning lebih baik dibandingkan metode konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Negeri 5 Batam.Kata kunci: Metode discovery learning, kemampuan pemecahan masalah matematis Abstract. This study was motivated by the lack of mathematical problem solving ability of students, especially on the material linear equations. The causes of low due to lack of student interest in mathematics and students are less active in the classroom and the learning method are still monotonous (teacher centered). The purpose of this study was to determine the effect of discovery learning method on students mathematical problem solving ability. The study was a quasi-experiment. The population in this study were all students of class X SMA N 5 Batam. The sample in this research were class XA as an experimental class using the discovery learning method and class XB as a control using conventional learning method. Instruments in this study was an essay test. The instruments analysis used validity, reliability, level of difficulty of questions, and different power problems. Data were analyzed using one sample t-test.. Based on the research results, the level of mathematical problem solving ability of students classified as good with an average of 77.04. With μ = 75 then obtained t = 12.686, so it can be concluded that the discovery learning method was effective against the ability of students mathematical problem solving and discovery learning method was better than the conventional method of the mathematical problem solving ability of students grade X SMAN 5 Batam.Key words: discovery learning method and problem solving ability
Desain Modul Matematika berbasis Teori Van Hiele untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Indriani, Rieza; Darminto, Bambang Priyo; Purwoko, Riawan Yudi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.829 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v10i1.2645

Abstract

Penelitian ini berfokus pada desain modul matematika dengan fase belajar Van Hiele. Perancangan modul dilakukan karena belum adanya modul berbasis Teori Van Hiele untuk materi segi empat. Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan desain modul matematika berbasis Teori Van Hiele untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE) sampai pada tahap development sehingga dihasilkan desain modul matematika berbasis Teori Van Hiele pada materi segi empat. Fase belajar pada modul dirancang sesuai fase belajar Van Hiele yaitu informasi, orientasi terarah, uraian, orientasi bebas, dan integrasi. Pada desain modul tersebut, dilengkapi dengan stimulasi atau perintah yang bertujuan untuk menemukan konsep dan memandu siswa dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Modul dilengkapi dengan materi dan tugas diskusi yang dikaitkan dengan indikator kemampuan berpikir kritis sehingga dapat menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa. Pada tahap development dilakukan validasi produk oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba terbatas untuk mengetahui kepraktisan modul dengan memberikan angket respon kepada guru dan siswa. Hasil dari uji kevalidan yaitu 94% untuk validasi materi dan 93% untuk validasi media. Sedangkan hasil uji kepraktisan yaitu 85%. Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa modul memiliki tingkat kevalidan dan kepraktisan dengan kategori sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan pada uji coba secara klasikal. Modul mempunyai potensi positif dalam menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa karena stimulasi yang tedapat pada modul sangat kuat dengan fase belajar sesuai materi serta dikaitkan dengan indikator berpikir kritis.Kata kunci: Teori Van Hiele, Modul Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis.
KAHOOT! Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Dikombinasikan dengan Aplikasi Math: Aritgeo Saat Pandemi COVID-19 Setiani, Rizky Nurul; Firmansyah, Dani
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.181 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v10i1.2850

Abstract

Di era pendidikan digital abad 21 ini, perkembangan teknologi sekaligus ilmu pengetahuan menuntut adanya sumber daya  manusia yang handal serta kompeten di bidangnya. Perkembangan teknologi yang ada tidaklah terlepas dari perkembangan yang ada dalam dunia pendidikan khususnya matematika. Untuk mengikuti tren pembelajaran digital dibutuhkan inovasi pembelajaran yang baru maupun dengan pengembangan yang disesuaikan dengan latar belakang peserta didik maupun kepribadiannya demi menunjang kreativitas belajar matematika peserta didik. Disini akan digunakan media penunjang pembelajaran untuk materi barisan dan deret aritmatika yaitu aplikasi berbasis android Math:AritGeo untuk selanjutnya akan dievaluasi guru dengan menggunakan platform kahoot! yaitu pemberian tes berupa soal pilihan ganda, puzzle dan soal open-ended. Pengambilan sampel dikategorikan menjadi kelompok yang menyukai matematika, biasa saja dengan matematika, dan tidak menyukai matematika. Pengambilan kategori berdasarkan angket yang disebarkan dan diisi oleh siswa kelas XI SMA tahun ajaran 2019/2020 yang menjalani kegiatan study from home. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aplikasi Math:AritGeo serta kahoot! dapat dijadikan pilihan yang memudahkan dan tidak membuat siswa bosan selama kegiatan pembelajaran di rumah dalam usaha pemerintah memutus rantai covid-19. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen butir soal dan instrumen  angket. Analisis data menggunakan teknik mix method secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi Math:AritGeo mendapat respon sangat baik dengan presentase 95% serta kahoot! juga mendapatkan respon positif dengan rata-rata hasil nilai evaluasi siswa 90.
Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Pembelajaran Daring Semasa Pandemi Covid-19 Kamilah, Amelia Nur; Hidayati, Nita; Haerudin, Haerudin
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.454 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v10i1.2895

Abstract

Abstrak. Penyebaran virus Covid-19 yang terjadi di Indonesia memiliki dampak pada berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Untuk memutus rantai penyebaran virus dan menjaga keamanan serta keselamatan peserta didik dan tenaga didik, maka Universitas Singaperbangsa Karawang telah menetapkan kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pandangan mahasiswa pendidikan matematika terhadap pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yang berupa deskriptif persentase yang menunjukkan tingkat persepsi. Penelitian ini melibatkan 47 mahasiswa Pendidikan Matematika tingkat 3. Instrumen pada penelitian ini adalah angket dan wawancara. Hasil angket dan wawancara menunjukkan sebesar 89,4% mahasiswa lebih menyukai aplikasi Google Classroom dikarenakan memudahkan dan efektif bagi mahasiswa melaksanakan perkuliahan dan tugas secara daring. Terdapat kekurangan dan kesulitan pada pembelajaran daring seperti miskomunikasi dengan teman, kurangnya semangat belajar mahasiswa, kurang memahami materi, dan terkendala jaringan internet. Evaluasi terhadap pembelajaran daring yaitu  mahasiswa menyarankan agar dosen tidak hanya memberikan materi saja melainkan harus menjelaskan materi tersebut terlebih dahulu.Kata  Kunci:  persepsi mahasiswa, pembelajaran daring, pendidikan, matematika, covid-19 Abstract. The spread of the Covid-19 virus that occurred in Indonesia has an impact on various fields, including education. To break the chain of spreading the virus and maintain the safety and security of students and students, the Singaperbangsa Karawang University has established a policy to implement online learning. Thisastudy aims toadetermine the perceptionsaof mathematics education students on the implementation of online learningaduringathe Covid-19 pandemic. The data analysis used is descriptive statistical analysis in the form of descriptive percentages indicating the level of perception. This study involved 47 students of Mathematics Education level 3. The instruments in this study were questionnaires and interviews. The results of questionnaires and interviews showed that 89.4% of students preferred the Google Classroom application because it made it easier and effective for students to carry out lectures and assignments online. There are shortcomings and difficulties in online learning such as miscommunication with friends, lack of enthusiasm for student learning, lack of understanding of the material, and constraints on the internet network. Evaluation of online learning, namely students suggest that lecturers not only provide material but must explain the material first.Keywords: student perceptions, online learning, education, mathematics, covid-19
Analisis Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Materi Persamaan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Nur, Septia; Kartini, Kartini
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.761 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v10i1.2928

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA IT Imam Syafi’i Batam berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes tertulis berbentuk uraian berjumlah 5 soal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis inferensial untuk mengukur instrumen, serta analisis deskriptif untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis yang dimiliki siswa siswa lebih baik dibanding kemampuan pemecahan masalah matematis. Rata-rata persentase kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X untuk materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak adalah 90%, sedangkan rata-rata persentase kamampuan pemecahan masalah siswa hanya 28%. Selanjutnya, ditemukan pula hasil bahwa siswa kesulitan memahami soal permasalahan kontekstual, serta kesulitan menerapkan konsep persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak ke dalam prosedur penyelesaian masalah.

Page 1 of 16 | Total Record : 155


Filter by Year

2014 2021