PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe Question Student Have terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Sultan Agung Seyegan

Sukoco, Heru (Unknown)
Safitri, Nugraheni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan strategi active learning tipe Question Student Have terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Sultan Agung Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest–postest control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Sultan Agung Seyegan pada semester kedua tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri atas dua kelas. Dua kelas tersebut digunakan sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitan ini adalah lembar observasi keaktifan belajar matematika siswa, pretest, dan posttest. Data penelitian dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi active learning tipe Question Student Have berpengaruh terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Sultan Agung Seyegan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...