PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Ummah, Amanatul (Unknown)
Sari, Riska Novia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas model pembelajaran MMP terhadap kemampuan komunikasi matematis, (2) Efektivitas model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis, (3) Perbedaan keefektifan model pembelajaran MMP dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Nurul Muhajirin Batam Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Model pembelajaran MMP efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis, (2) Model pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis, (3) Terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran MMP dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis.Kata Kunci : Model Pembelajaran MMP, Model Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Komunikasi Matematis

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...