Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2019)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Quipper School

patmi, patmi (Unknown)
sholikhakh, Rizqi Amaliyakh (Unknown)
sina, ibnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran Problem Based Learing berbantuan quipper school. Tujuan penelitian untuk memperoleh perangkat pembelajaran yang valid dan praktis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Brebes. Metode penelitian mengunakan model pengembangan 4D Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3D, yakni Define (Pendefisian), Design (Perancangan), dan Develop(Pengembangan). Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Tugas Siswa (LTS) berbantuan quipper school menunjukan pembelajaran dikembangakan dengan valid dan praktis. Dikatakan valid karena ahli menilai bahwa  pembelajaran ini dikategorikan  reseasangat baik. Praktis, karena siswa memberika respon positif dan guru memberikan penilaian yang sangat baik. Hasil yang didapatkan dari pengembangan perangkat pembelajaran Problem Based Learning berbantuan quipper school valid dan praktis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

union

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open access journal published three times in a year (March, July, and November). Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share ...