Hasil belajar siswa SMAN 15 Surabaya materi eksponensial dan logaritma masih rendah. Kondisi ini dilatarbelakangi pasifnya siswa selama pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran di kelas dengan diterapkannya pembelajaran berbasis masalah. Pelaksanaan kegiatan perbaikan dan peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran ini diterapkan pada siswa kelas X MIPA 1 SMAN 15 Surabaya sejumlah 32 siswa.. Peneliti selaku pelaksana perbaikan proses pembelajaran dan subjek yang membantu pelaksana yaitu guru dan kepala sekolah. Observasi dan tes merupakan teknik yang digunakan peneliti untuk memperoleh data primer dari proses perbaikan pembelajaran ini kemudian dilakukan analisis data secara diskriptif kulitatif. Melalui perbaikan pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis masalah ini diperoleh bahwa adanya perubahan peningkatan aktivitas dan perbaikan hasil belajar siswa kelas X MIPA 1 SMAN 15 Surabaya. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa.
Copyrights © 2019