Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2019)

Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV

Prayitno, Sunyoto Hadi (Unknown)
Faizah, Hanim (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Pengembangan media pembelajaran dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran, terutama di tingkat Sekolah Dasar (SD). Hal ini dikarenakan siswa SD masih dalam ranah berpikir operasional konkret. Sedangkan sebagian besar konsep dalam matematika adalah hal yang abstrak. Media pembelajaran matematika perlu dikembangkan untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep matematika, salah satunya adalah media pembelajaran untuk konsep Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Camat FPB-KPK”. Pengembangan Media ini menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian ini dibatasi hingga diperoleh hasil uji coba terbatas penggunaan Media Pembelajaran “Camat FPB-KPK”. Hasil yang diperoleh dalam uji coba terbatas adalah respon siswa baik, respon guru baik, hasil tes pemahaman siswa diketahui siswa dapat menyelesaikan 4 soal dari 5 soal yang diberikan dengan baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

union

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open access journal published three times in a year (March, July, and November). Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share ...