Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi
Vol 8, No 2 (2019): Pendidikan Karakter

PENGARUH PENDIDIKAN ALAM BEBAS TERHADAP KESADARAN KELESTARIAN LINGKUNGAN

Dea Misqiyatul Masluhah (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Etty Ratnawati (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

AbstrakStrategi dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurangterutama didalam kelas yang mengakibatkan siswa merasa jenuh dan bosan dan siswa pun tidak dilatih untuk berfikir kreatif, membebaskan diri siswa dalam mengembangkan imajinasi dan wawasan sehingga siswa kurang mampu untuk memahami keadaan dan cara melestarikan yang ada di lingkungan sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pedidikan alam bebas,kesadaran kelestarian lingkungan dan untuk mengetahuiseberapabesarpengaruhpendidikanalambebasterhadapkesadarankelestarianlingkungan di  MTs Negeri 6 Cirebon Kabupaten Cirebon.Pendidikan luarkelas(outdoor education) merupakanaktivitasluarsekolah yang berisikegiatan di luarkelasatausekolah dan di alambebaslainnya.Untukitu, proses pembelajaran di luarkelas juga dapatmenumbuhkankesadarankelestarianlingkungan yang merupakansumberdayaalam yang seharusnyadijaga dan dilestarikan. Jenispenelitian adalahpenelitiankorelasional regresidenganpendekatankuantitatif. PopulasidalampenelitianiniadalahSebanyak390 siswa.Teknikpengumpulan data dilakukandenganobservasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji presentase, uji normalitas, uji homogenitas,uji koefisien korelasi, ujikoefisiendeterminasi, uji regresi, dan uji hipotesis. Hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaberdasarkanrekapitulasiangketbahwapendidikanalambebasberada pada rentang 83% dengankategori(sangatbaik). Sedangkankesadarankelestarianlingkunganberada pada rentang 85% dengankategori(sangatbaik). Berdasarkanhasildari uji korelasiantaravariabel X dan Y adalahsebesar 0,770 dengantaraf sig.=0,05 diperolehsignifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,000 artinyaterdapathubungan yang positif dan sedangataucukupantaravariabel X dan Y dan pada koefisiendeterminasibesarnyakonstribusipendidikanalambebasterhadapkesadaraankelestarianlingkunganadalah 59,3%. Berdasarkanhasil uji hipotesisdiperolehsig(2-tailed) 0,00 < 0.05, makakeputusannyaadalah Haditerimaartinyabahwaterdapatpengaruh yang signifikanantarapendidikanalambebasterhadapkesadarankelestarianlingkungan di MTs Negeri 6 Cirebon.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edueksos

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. It investigates the dynamics of teaching and learning of social education, social and economic problems in the society context of the primary, senior, and high education ...