AWLADY Jurnal Pendidikan Anak
Vol 5, No 2 (2019)

EVALUASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PERMULAAN DI TK NEGERI PEMBINA CIREBON

Maulidya Ulfah (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Ayu Luharnarky (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Saifuddin Saifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

AbstrakEvaluasi kurikulum dilaksanakan di TK Negeri Pembina Cirebon Kabupaten khususnya dalam Pembelajaran Matematika Permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi jalannya implementasi kurikulum 2013 PAUD dalam pembelajaran matematika permulaan di TK Negeri Pembina Cirebon ditinjau dari komponen Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Hasil evaluasi pada komponen konteks, input, proses dan produk menemukan bahwa TK Negeri Pembina Cirebon telah menggunakan Kurikulum 2013 dan menjadikan Permendikbud no. 136 dan 147 tahun 2014 serta buku Direktorat PAUD sebagai acuan penyusunan kurikulum. Sarana dan prasarana yang dimiliki sudah memadai, selain itu, perbandingan guru dan siswa kelas A sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Perencanaan kegiatan matematika permulaan mengacu pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) dan Kompetensi Inti (K-I) serta Kompetensi Dasar (K-D). Metode Pembelajaran pada kegiatan matematika permulaan adalah penugasan, bermain, demonstrasi, dan praktik langsung. Media yang digunakan beraneka ragam mulai puzzle, lego, balok dan juga media buatan guru. Faktor pendukung pembelajaran matematika permulaan adalah guru yang linear, perencanaan pembelajaran yang dan lengkap serta sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan faktor penghambat kegiatan matematika permulaan yaitu kesiapan psikologis anak dan orang tua. Hasil belajar anak yang dilaporkan berupa deskripsi pertumbuhan dan perkembangan dan dilaporkan setiap 6 bulan sekali.  

Copyrights © 2019