Al Tijarah
Vol 5, No 1 (2019): Juni 2019

Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia

Kurnia Khafidhatur Rafiah (Universitas Padjajaran, Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap kepercayaan pelanggan dan pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dalam e-commerce. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan metode kuantitatif dengan tiga variabel, yaitu variabel bebas (kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan) dan variabel terikat (loyalitas pelanggan). Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang didistribusikan kepada masyarakat Indonesia menggunakan media online dan offline. Kriteria sampel yang dapat menjadi koresponden adalah orang-orang yang telah belanja online melalui e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya. Subjek penelitian ini adalah 450 responden. Analisis data dilakukan dengan model persamaan struktural (SEM) menggunakan software Amos 21. Penelitian ini dilakukan berdasarkan peluang yang sangat tinggi dalam bisnis online yang juga sejalan dengan risiko yang harus dihadapi. Berdasarkan evaluasi dan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas. Ini berarti bahwa untuk mendukung bisnis e-commerce, pemilik bisnis perlu terus meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan untuk menjaga loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan adalah salah satu hal penting yang mempengaruhi pelanggan untuk melakukan pembelian kembali dan juga akan dengan mudah mempromosikan e-commerce secara langsung atau tidak langsung kepada orang lain.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

altijarah

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Al Tijarah is a semiannually journal published by Department of Management, Faculty of Economics and Management, University of Darussalam Gontor. In line with the objective of the Department and the University, the journal is committed to the development and promotion of contemporary issues in ...